Senin, 03 Desember 2012

sajak sunda indung

Assalamu'alaikum Wr.Wb


Indung

geus cacap naon nu kudu dilakonan..
geus leber naon nu kudu dicumponan..
lalaki, awewe.. geus mencar ngawangun talun..
ngababakan, ngaroris titipan - titipan..

kawasna hirup lain ngabaru deui..
da geus di baladah ku nu tiheula..
asal kuat nancebkeun luju, pikeun hurip waras..

masing - masing miang nandonkeun pangharepan..
estu basajan, lalakon nu kudu dipintonkeun..

pangjurung nguntup kana kamampuh..
disangkeh kaheman, dirungrum doa..
ulah haripeut ku siloka alam..
kajeun jadi aci kasadrahan..
dipentes nyalametkeun umat anu kabulusan..
kajeun jadi lunglum kasolehan..

bral, nyiar jalan nurut kana akal..
ulah salempang, aya kaasih nu nganteng..
nu medal tina kaihlasan sajati..

****************

ini adalah sajak sunda yang gw bacain waktu porseni zaman SMP dulu.. kalo gak salah, Maret 2003 pas gw kelas 3 semester 2..

waktu itu, hampir semua sekolah se-komisariat Cikampek tkt. SMP mengirim masing - masing dua orang wakilnya. Kebetulan yang jadi tuan rumah lomba porseni kali ini yaitu SLTPN 2 Cikampek, sekolah gw sendiri.. yo weez, pada hari H, semua tumplek dah di Aula Sekolah.. duileh, banyak banget nich saingannya..

yang jadi wakil sekolah gw waktu itu ada 4 orang, gw pasangan ama Meida Rosita mewakili SLTPN 4 Cikampek terus Ahmad Nurjaman pasangan ama Dewi Lestari mewakili SLTPN 2 Cikampek..

setelah satu persatu peserta lomba unjuk kebolehannya di atas pentas membaca sajak sunda.. tiba saatnya pengumuman siapa pemenangnya.. setelah lama menunggu hasilnya, juri pun memutuskan bahwa, the winner is.....

oh, May God.. nama gw terakhir disebut sebagai juara pertama lomba baca sajak sunda putera se-komisariat Cikampek.. dan gw pun berhak maju ikut lomba serupa ke tingkat MKKS Kab. Karawang..

wow, thx God.. serentetan trophy, piagam, dan penghargaan pun gw terima dengan rasa bangga.. bangga karena gw mampu mengharumkan nama sekolah gw di muka publik.. juga bangga karena hal itu merupakan yang pertama kalinya buat gw tampil di muka publik juga..

well, kalo gak salah, sebulan kemudian gw pun maju meneruskan perjuangan gw di tingkat kabupaten.. namun naasnya, pada hari H, gw gak sempet sarapan, walhasil nyampe di tempat lomba, badan gw lemes plus pucat banget gak ada tenaga.. dah gitu pas giliran gw maju ke atas pentas, konsentrasi gw pun buyar sudah.. udah bisa ditebak, kekalahanlah yang akhirnya gw terima.. Uh, betapa kecewanya gw juga sekolah dan temen - temen gw.. namun apa daya, nasi udah jadi bubur.. dan semua ini terjadi hanya karena badan gw lemes gak bertenaga akibat gak sempet sarapan.. uh.. uh..


btw, gw suka sajak berjudul Indung ini karena isinya sama persis dengan perasaanku yang menaruh cinta yang teramat dalam pada sosok indung.. yang penuh pengorbanan jiwa dan raga.. demi melahirkanku ke dunia.. dan dengan cinta kasihnya merawat dan menyayangiku sejak dari segumpal darah hingga saat kini..

well, itulah indung..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"

Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan

Assalamu'alaikum Wr.Wb Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan Nama yang Anda cari yaitu  Alif Al Faeyza Sufyan  memiliki banyak arti dari ...