BAB II
DESKRIPSI LOKASI
PRAKTEK KEGURUAN
1.
Sejarah SDN Sindang Mukti 2
SDN Sindangmukti 2 dari awal berdiri sampai dengan sekarang telah
mengalami dua kali pergantian nama. Pada awal berdirinya, SDN Sindangmukti 2
bernama SDN Sindang Herang 4. Kemudian pada tanggal 1 November berubah nama
menjadi SDN Sindangmukti 2 dengan SK Kepala Dinas Provinsi Jawa Barat tanggal
21 Agustus 1989 No 421/ 734 prov/ 1989.
Sejak
awal berdirinya sampai dengan sekarang SDN
Sindangmukti telah mempunyai:
1. Tanah (Hak guna pakai) : 1.
692 m2
2. Ruang Belajar : 6
Ruang Kelas
3. Ruang Kepala Sekolah : -
4. Ruang Guru : 1
Lokal
5. Ruang Perpustakaan : 1 Lokal
6. Mesjid : 1 Lokal
7. Lapang olah raga multi fungsi : 1 Buah
8. WC :
5 Buah
2.
Identitas Sekolah
Identitas SDN
Sindangmukti 2
a.
Mulai Berdiri :
Tahun 1975
b.
Nama
Sekolah : SD Sindangmukti 2
c.
Status Sekolah : Negeri
d.
Alamat :
Jalan : Jl. Raya Sindangmukti
Panumbangan
Dusun :
Manganti
Desa
: Sindangmukti
Kecamatan
: Panumbangan
Kabupaten
: Ciamis
Provinsi : Jawa Barat
Kode Pos :
46263
No.
Telepon/HP : -
Fax. : -
3.
Fasilitas SDN Sindangmukti 2
SDN Sindangmukti 2 berdiri diatas
lahan seluas kurang lebih 1692 m2
dengan perincian sebagai beri
1. Ruang Guru
2. Ruang Perpustakaan
3. Kelas terdiri dari 6 ruang belajar
4. Mesjid
5. Kantin siswa
6. Lapangan multifungsi
B.
Visi, Misi, Strategi dan Tujuan SDN
Sindangmukti 2
Visi
Meningkatkan
proses belajar mengajar dengan mengoptimalkan potensi siswa sehiungga
terwujudnya siswa yang berkualitas
Misi
-
Terciptanya peningkatan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
-
Terpenuhinya sarana dan prasarana yang memadai
-
Terciptanya kepedulian lingkungan masyarakat terhadap lingkungan sekolah
Tujuan
Berdasarkan misi di atas, dapat dijabarkan tujuan SD
Negeri 2 Sindangmukti Kecamatan panumbangan sbb:
-
Unggul dan terpercaya dalam hal ketakwaan terhadap Tuhan YME
-
Unggul dan terpercaya dalam hal perolehan nilai UAS/UASBN
-
Unggul dan terpercaya dalam berbagai kompetensi akdemik dan non akademik
-
Meningkatkan kinerja guru yang professional
-
Meningkatkan kerjasama social internal dan eksternal.
C.
KEADAAN CIVITAS AKADEMIKA
1.
Keadaan Guru dan Karyawan
Keadaan
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Kualifikasi
Pendidikan
|
JUMLAH
|
||
Guru PNS
|
Guru Sukwan
|
Karyawan
|
|
S
– 1
|
9 orang
|
1 orang
|
-
|
D
– 2
|
2 orang
|
2 orang
|
-
|
D
– 1
|
-
|
-
|
-
|
SLTA
|
-
|
2 orang
|
1 orang
|
JUMLAH
|
11 orang
|
5
orang
|
1
orang
|
DATA GURU SDN SINDANG
MUKTI 2 TAHUN PELAJARAN 2011/2012
No
|
Nama
|
NIP
|
L/P
|
Jabatan
Guru
|
Jenis
Guru
|
1
|
TETET MARLIANI, S.Pd
|
19530341973072001
|
P
|
Kepala
Sekolah
|
Kepala
Sekolah
|
2
|
YETI ROHAETI, S.Pd
|
195811151978032005
|
P
|
Sekertaris/Guru Kelas
|
Guru
Kelas
|
3
|
EMAY SITI.M.,S.Pd.SD
|
196111251982042002
|
P
|
Bendahara/Guru Kelas
|
Guru
Kelas
|
4
|
NONOH SUPTINAH ,S.PdI
|
195801251984122001
|
P
|
Guru Kelas
|
Guru
Agama
|
5
|
DIDIN HAERUDIN,S.Pd.
|
196303061983051008
|
L
|
Guru Kelas
|
Guru
Kelas
|
6
|
CAHYATI ,S.Pd.
|
196511091986032010
|
P
|
Guru Kelas
|
Guru
Kelas
|
7
|
RUSMAN, S.Pd
|
196408051986101005
|
L
|
Guru Kelas
|
Guru
Olahraga
|
8
|
NANI SUHENI S.Pd.
|
170003072005012014
|
P
|
Guru Kelas
|
Guru
Kelas
|
9
|
IKA ROSAIKA S.Pd.I
|
197906052009012004
|
P
|
Guru kelas
|
Guru Kelas
|
10
|
POPON ROHANA, S.Pd.
|
-
|
P
|
Guru Honorer
|
Guru B. Sunda
|
11
|
YANI MASRINI
|
-
|
P
|
Guru Honorer
|
SBK
|
12
|
RESHA APRILIA
|
-
|
P
|
Guru Honorer
|
B. Inggris
|
13
|
ANDI RUSTANDI
|
-
|
L
|
Guru Honorer
|
SBK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Keadaan Peserta Didik
a. Jumlah Siswa
Keadaan murid di
SDN Sindang Mukti 2 pada tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah orang peserta didik yang terbagi menjadi
6 (enam) tingkat, yaitu:
No
|
Tingkat
|
Jenis Kelamin
|
Jumlah
|
|
L
|
P
|
|||
1
|
I
|
|
|
|
2
|
II
|
|
|
|
3
|
III
|
19
|
15
|
34
|
4
|
IV
|
14
|
15
|
29
|
5
|
V
|
16
|
15
|
31
|
6
|
VI
|
14
|
20
|
34
|
Jumlah
|
|
|
|
b. PSB Tahun Pelajaran
Tahun
|
Pendaftar
|
Diterima
|
Tidak
Diterima
|
Jumlah
Kelas
|
Total
Jumlah Siswa
|
2011/2012
|
31
|
30
|
-
|
6
|
181
|
2012/2013
|
30
|
30
|
-
|
6
|
189
|
c.
Agama Siswa
Agama
Siswa
|
Kelas
|
Total
|
|||||||||||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||||||||||||||||
L
|
P
|
Jml
|
L
|
P
|
Jml
|
L
|
P
|
Jml
|
L
|
P
|
Jml
|
L
|
P
|
Jml
|
L
|
P
|
Jml
|
L
|
P
|
Jml
|
|
Islam
|
|
|
|
|
|
|
19
|
15
|
34
|
14
|
15
|
29
|
16
|
15
|
31
|
14
|
20
|
34
|
|
|
|
Protestan
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Katolik
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Hindu
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Budha
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Lain-Lain
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Keadaan
Perpustakaan Sekolah
a. Tugas Pengurus Perpustakaan
1. TUGAS
KEPALA SEKOLAH
|
Bertanggung
jawab penuh atas penyelenggaraan kegiatan perpustakaan yang telah
diprogramkan
|
2. TUGAS
KOORDINATOR
|
1. Bertanggung
jawab tentang penyelenggaraan atau pengelolaan seluruh unit perpustakaan
2. Mengkoordinit
tata kerja dan hubungan staf Perpustakaan
|
3. TUGAS
BENDAHARA
|
1.
Bertanggungjawab
atas keluar masuknya uang.
2. Menyelenggarakan
pembukuan secara tertib
|
4.
TUGAS
ADMINISTRASI
|
1. Membubuhi
stempel pada buku baru
2. Mengklasifikasikan
buku-buku baru
3. Membubuhi
nomor kode buku
4. Menyiapkan
kartu anggota, kartu catalog, kartu buku, kantong buku, dan kartu tanggal
|
5. TUGAS
URUSAN PENGADAAN DAN PEMELIHARAAN
|
1. Menambah
koleksi perpustakaan
2. Menyeleksi
koleksi perpustakaan
3. Menerima
saran dan permintaan dari pemakai (Guru bidang studi)
4. Mengadakan
kerjasama dengan instansi lain ( Dikbud, Sekolah lain, Kantor)
5. Menginvetarisasi
buku baru
6. Mengatur
buku
7. Menjaga
keselamatan buku
8. Menjilid
buku, majalah, koran
|
6. TUGAS
URUSAN PELAYANAN
|
1.
Membagi kartu anggota
2.
Melayani pengunjung yang
membawa kartu anggota
3.
Melayani memonjam atau
mengembalikan
4.
Melayani pengunjung dalam ruang
baca
5.
Melakukan penagihan buku
6.
Membuat laporan kegiata
|
7.TUGAS
URUSAN REFERENSI
|
1. Memberi
saran tentang sumber-sumber referensi
2. Memberikan
bimbingan membaca atau diskusi
3. Memberi
informasi
4. Redaksi
majalah siswa dan majalah di dinding serta mengeluarkan pameran buku
|
BAB III
LAPORAN
HASIL PRAKTEK KEGURUAN
A. Laporan Hasil Observasi
B. Laporan Hasil Parsitipasi
C. Agenda Kegiatan Praktek Keguruan (Pembelajaran)
No.
|
Tanggal
|
Nama
|
Kelas
|
Ket
|
1
|
23 Juli– 28 Juli 2012
|
Fitri Kusmiawati
|
IV
|
|
2
|
30 Juli – 01 Agustus 2012
|
Fitri
Kusmiawati
|
V
|
|
3
|
02 Agustus –
08 Agustus 2012
(Pesantren Ramadhan)
|
Fitri Kusmiawati
|
V & III
|
|
4
|
27 Agustus– 01 September 2012
|
Fitri Kusmiawati
|
VI
|
|
5
|
03 September– 06 September 2012
|
Fitri Kusmiawati
|
II
|
|
6
|
09 – 10 September
2012
|
Fitri Kusmiawati
|
III
|
|
1.
Jadual Pelajaran
JADWAL
PELAJARAN KELAS II
|
|||||||
NO
|
WAKTU
|
HARI
|
|||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
||
1.
|
07.30-08.05
|
Upacara
|
MTK
|
PKN
|
Agama
|
IPA
|
SBK
|
2.
|
08.05-08.40
|
MTK
|
MTK
|
PKN
|
Agama
|
IPA
|
SBK
|
3.
|
08.40-09.15
|
MTK
|
IPS
|
B. Sunda
|
B. Indo
|
PJOK
|
B. Inggris
|
4.
|
09.15-09.50
|
B. Indo
|
IPS
|
B. Sunda
|
B. Indo
|
PJOK
|
B. Inggris
|
5.
|
09.50-10.00
|
B.Indo
|
IPS
|
B. Sunda
|
B. Indo
|
PJOK
|
Pembiasan
|
JADUAL PELAJARAN KELAS III
|
|||||||
NO
|
WAKTU
|
HARI
|
|||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
||
1.
|
07.30-08.05
|
Upacara
|
MTK
|
Agama
|
B. Sunda
|
IPS
|
PKN
|
2.
|
08.05-08.40
|
MTK
|
MTK
|
Agama
|
B. Sunda
|
IPS
|
PKN
|
3.
|
08.40-09.15
|
MTK
|
MTK
|
Agama
|
B. Sunda
|
IPS
|
PKN
|
4.
|
09.15-09.50
|
MTK
|
MTK
|
Agama
|
B. Sunda
|
IPS
|
SBK
|
5.
|
09.50-10.25
|
ISTIRAHAT
|
|||||
6.
|
10.25-11.00
|
B. Indo
|
B. Inggris
|
IPA
|
PJOK
|
B. Indo
|
SBK
|
7.
|
11.00-11.35
|
B. Indo
|
B. Inggris
|
IPA
|
PJOK
|
B. Indo
|
MTK
|
8.
|
11.35-12.00
|
B. Indo
|
B. Inggris
|
IPA
|
PJOK
|
B. Indo
|
MTK
|
JADUAL PELAJARAN KELAS IV
|
|||||||
NO
|
WAKTU
|
HARI
|
|||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
||
1.
|
07.30-08.05
|
Upacara
|
IPA
|
MTK
|
IPA
|
Agama
|
KTK
|
2.
|
08.05-08.40
|
MTK
|
IPA
|
MTK
|
IPA
|
Agama
|
KTK
|
3.
|
08.40-09.15
|
MTK
|
B. Inggris
|
IPS
|
B. Indo
|
Agama
|
PKN
|
4.
|
09.15-09.50
|
IPS
|
B. Inggris
|
IPS
|
B. Indo
|
KTK
|
PKN
|
5.
|
09.50-10.25
|
ISTIRAHAT
|
|||||
6.
|
10.25-11.00
|
IPS
|
PJOK
|
B. Indo
|
B. Sunda
|
KTK
|
PJOK
|
7.
|
11.00-11.35
|
B. Indo
|
PJOK
|
B. Indo
|
B. Sunda
|
KTK
|
PJOK
|
8.
|
11.35-12.10
|
B. Indo
|
PJOK
|
B. Indo
|
|
KTK
|
PJOK
|
JADUAL PELAJARAN
KELAS V
|
|||||||
NO
|
WAKTU
|
HARI
|
|||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
||
1.
|
07.30-08.05
|
Upacara
|
MTK
|
PKN
|
IPA
|
MTK
|
B Sunda
|
2.
|
08.05-08.40
|
B
Indo
|
MTK
|
PKN
|
IPA
|
MTK
|
B Sunda
|
3
|
08.40-09.15
|
B
Indo
|
IPS
|
IPA
|
B Indo
|
IPS
|
PJOK
|
4.
|
09.15-09.50
|
B Inggris
|
IPS
|
IPA
|
B Indo
|
IPS
|
PJOK
|
5.
|
09.50-10.25
|
ISTIRAHAT
|
|||||
6.
|
10.25-11.00
|
B Inggris
|
SBK
|
Agama
|
PJOK
|
SBK
|
PJOK
|
7.
|
11.00-11.35
|
SBK
|
SBK
|
Agama
|
PJOK
|
|
PJOK
|
8.
|
11.35-12.10
|
SBK
|
SBK
|
Agama
|
PJOK
|
|
ICT
|
JADUAL PELAJARAN VI
|
|||||||
NO
|
WAKTU
|
HARI
|
|||||
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
||
1.
|
07.30-08.05
|
Upacara
|
PJOK
|
IPS
|
IPA
|
IPA
|
PJOK
|
2.
|
08.05-08.40
|
B Inggris
|
PJOK
|
IPS
|
IPA
|
IPA
|
PJOK
|
3.
|
08.40-09.15
|
B Inggris
|
MTK
|
MTK
|
IPA
|
IPS
|
PJOK
|
4.
|
09.15-09.50
|
|
MTK
|
MTK
|
IPA
|
IPS
|
PJOK
|
5.
|
09.50-10.25
|
ISTIRAHAT
|
|||||
6.
|
10.25-11.00
|
Agama
|
PKN
|
IPA
|
IPS
|
B Indo
|
B Sunda
|
7.
|
11.00-11.35
|
Agama
|
PKN
|
IPA
|
IPS
|
|
B Sunda
|
8.
|
11.35-12.10
|
Agama
|
PKN
|
IPA
|
IPS
|
|
B Sunda
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"