Kamis, 23 Februari 2012

kitab sedekah

KITAB SEDEKAH
نَحْمَدُهُ وَنُصَلِّ عَلَ رَسُوْلَِهِ الْكَِريْمِ حَاِمدًوَمُصَلِّياًوَمُسَلِّمًا
Setelah membaca risalah ini, seketika itu kita disadarkan, betapa betapa zhalimnya kita terhadap diri kita sendiri, begitu begitu jauh pandangan hidup manusia hari ini dari yang dikehendaki Allah Swt. Tntang perlakuan manusia  tehadap harta. Betapa banyak peluang emas untuk mencapai kebahagiaan akhirat yang kekal yang kita abaikan, karna manusia memilikia pandangan yang salah terhadap harta. Betapa banyak fitnah yang telah menajalari tubuh msnusia disebabkan oleh harta. Betapa banyak manusia yang sakit qalbunya karna salah dalam pandangan harta.
Banyak manusia keliru menganggap harta sebagai sumber kebahagiaan dan kepuasan. Padahal sebaliknya, harta juga dapat menyebabkan kecelakaan dan kebinasaan bagi manusia, banyak penyakit-penyakit qalbu yang disebabkan oleh harta. Oleh karena itu didalam hadist dinyatakan bahwa apabila  Allah menyayangi seorang muslim, maka ia akan diberi kepahaman agama dan rezeki sebatas keperluannya saja.
Harta bukanlah bukanlah sesuatu yang harus disimpan untuk keperluan sendiri, tetapi untuk di infakkan dijalan Allah. Beberapa ulama menyimpulkan bahwa harta yang disimpan adalah sebatas untuk keperluan hidup selama satu bulan kedepan dan slamjutnya harus diinfakkan dijalan Allah, pada harta terdapayt dua sisi, yaitu kebaikan dan keburukan. Harta dapat menjelma menjadi racun, sekaligus menjadi penawar. Tergantung bagaimana sikap manusia memerlukan harta. “oleh karena itu waspadalah, dan penting bagi manusia untuk menyelamatkan diri dari fitnah dan racun ini.
Dengan membaca risalah ini banyak hal-hal yang akan menyadarkan kita tentang hakikat harta bagi manusi.
A.    Sedekah Tersembunyi Dan  Terang-Terangan
Sedekah sunat lebih baik ditunaikan secara tersembunyi kecuali jika dipandang ada manfaatnya dari segi agama apabila dilakukan secara terang-terangan. Tetapi tetap waspada atas tipu daya setan dan hawa nafsu, sebab keduanya dapat menghancurkan pahala sedekah dengan memberikan kepahaman seolah-olah dalam sedekah terang-terangan itu terdapat kemaslahatan. Kendaknya kita memikirkan secara seksama, apakah da faedahnya untuk agama atau tidak. Setelah menunaikan sedekah janganlah, dibicarakan lagi karena hal itu sama saja dengan sedekah secara terang terangan. Dalam sebuah hadist diterangkan, apabila seorang melakukan amalan secara tersembunyi maka akan tercatat sebagai amalan yang tersembunyi, kemudian apabila ia mambicarakannya, maka akan dicatat menjadi amalan yang terang terangan. Apabaila ia terus membicarakannya, maka akan di ubah catatanya menjadi catatan riya. Ihya ulumiddin.
Rasulullah Saw. Pernah bersabda bahwa Allah Swt. Akan member perlindungan kepada tujuh jenis manusia dibawah naungannya pada hari yang tidak ada naungan selain naungan Allah swt. (Pada waktu hari kiamat):
1.     Pemerintah hakim yang adil;
2.     Pemuda yang sejak usia muda selalu beribadat kepada Allah Swt.;
3.     Orang yang hatinya terikat kapada mastjid;
4.     Dua orang yang saling mencintai karna Allah tanpa tujuan lain, yang bertemu dan berpisah semata-mata karena Allah;
5.     Lelaki yang digoda oleh waanita cantik  dan bangsawan yang sangat menarik hati, tetapi lelaki itu ber kata, saya takut kepada Allah .” (demikian pula dengan perempuan yang digoda lelaki);
6.     Orang yang bersedekah secara tersembunyi-sembunyi  sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang telah diberikan oleh tangan kanannya;
7.     Orang yang mengingat Allah yang bersunyi diri hingga mengalir ir matanya.

Rasululah Saw. Bersabda bahwa Allah swt. Mengasihi tiga jenis manusia dan membenci tiga jenis manusia.
Tiga jenis yang disayangi allah adalah sebagai berikut:
1.     Orang yang menyrtai suatu majelis, tiba-tiba maelis itu diminta oleh peminta sedekah yang bukan kerabat dari ahli majelis itu. Kemudian seorang dari majelis itu keluar bersama-sama sipeminta sedekah tadi dan diam-diam memberikan sedekah kepada peminta sedekah itu.
2.     Orang yang dari suatu kafilah yang berjalan sepanjang malam, ketika setelah sampai ditujuan, perasaan letih dan lesu menyerang dirinya, ia ingin sekali beristirahat dan tidur tetapi dia menahan ngantuknya dan terus berdiri menghadap Allah untuk mengerjakan shalat sambil merendahkan dirinya.
3.     Seorang tentara mujahid yang berperang melawan orang-orang kafir.
Tiga jenis yang dibenci allah swt adalah:
1.     Orang yang berzina padahal usinya sudah tua;
2.     Orang yang sombong walaupun ia seorang yang miskin;
3.     Dan orang kaya yang terus hidup dan menzhalimi orang lain.
Seseorang bisa selamat dari racun harta dengan menjaga lima perkara;
a.     Memikirkan harta itu, dengan tujuan apa harta itu dicari, kemudian dia bertumpu kepada tujuan itu saja.
b.     Menjaga dengan hati-hati cara mendapatkan harta itu. Senantiasa menjaganya agar tidak tercampur dengan cara-cara yang bertentangan dengan syariah. Misalnya, dalam  hadiah ada kemungkinan bercampur dengan suap. Atau meminta-minta mendatangkan kehinaan
c.     Tidak menyimpannya lebih daripada keperluan, tapi menyimpannya hanya sekedar keperluannya saj, dan selebihnya dibelanjakan dijalan Allah.
d.   Menjaga keikhlasan ketika niat mencari harta membelanjakannya dan menyimpannya sekedar keperluannya sendiri semata-mata untuk mendapatkan keridhoan Allah. Apa yang disimpan dan digunakan juga semata-mata untuk memperoleh kekuatan dalam mentaati perintah Allah swt. Apa yang lebih dari keperluan itu harus dibelanjakan dengan kepahaman bahwa harta ini tidak berguna. Membelanjakan yang lebih daripada keperluan
itu dengan rasa hina. Bukan dengan perasaan bangga dan mulia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"

Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan

Assalamu'alaikum Wr.Wb Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan Nama yang Anda cari yaitu  Alif Al Faeyza Sufyan  memiliki banyak arti dari ...