Dengan
menggunakan pembelajaran tematik diharapkan akan memberikan banyak keuntungan,
di antaranya:
Peserta didik mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu;
Peserta didik mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu;
1.
Peserta didik mampu mempelajari
pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar matapelajaran
dalam tema yang sama;
2.
Pemahaman terhadap materi pelajaran
lebih mendalam dan berkesan;
3.
Kompetensi dasar dapat dikembangkan
lebih baik dengan mengkaitkan matapelajaran lain dengan pengalaman pribadi
peserta didik;
4.
Peserta didik mampu lebih merasakan
manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang
jelas;
5.
Peserta didik lebih bergairah
belajar karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk mengembangkan
suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari matapelajaran
lain;
6.
Guru dapat menghemat waktu karena
beberapa mata pelajaran yang disajikan secara tematik dapat dipersiapkan
sekaligus dan diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, waktu selebihnya dapat
digunakan untuk kegiatan remedial, pemantapan, atau pengayaan.
Kelebihan dan Kelemahan Pembelajaran
Tematik
Menurut Kunandar (2007:315),
Pembelajaran tematik mempunyai kelebihan yakni:
1.
Menyenangkan
karena berangkat dari minat dan kebutuhan peserta didik.
2.
Memberikan
pengalaman dan kegiatan belajar mengajar yang relevan dengan tingkat
perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
3.
Hasil
belajar dapat bertahan lama karena lebih berkesan dan bermakna.
4.
Mengembangkan
keterampilan berpikir peserta didiksesuai dengan persoalan yang dihadapi.
5.
Menumbuhkan
keterampilan sosial melalui kerja sama
6.
Memiliki
sikap toleransi, komunikasi dan tanggap terhadap gagasan orang lain.
7.
Menyajikan
kegiatan yang bersifat nyata sesuai dengan persoalan yang dihadapi dalam
lingkungan peserta didik.
Kelemahan
pembelajaran tematik tersebut terjadi apabila dilakukan oleh guru tunggal.
Misalnya seorang guru kelas kurang menguasai secara mendalam penjabaran tema
sehingga dalam pembelajaran tematik akan merasa sulit untuk mengaitkan tema
dengan mateti pokok setiap mata pelajaran. Di samping itu, jika skenario
pembelajaran tidak menggunakan metode yang inovatif maka pencapaian Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar tidak akan tercapai karena akan menjadi sebuah
narasi yang kering tanpa makna.
Keunggulan dan kekurangan Pembelajaran Tematik
Pelaksanaan
pembelajaran tematik memiliki beberapa keuntungan dan juga kelemahan yang
diperolehnya. Keuntungan yang dimaksud yaitu:
1. Menyenangkan
karena bertolak dari minat dan kebutuhan siswa
2. Pengalaman
dan kegiatan belajar relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan siswa.
3. Hasil
belajar akan bertahan lebih lama karena lebih berkesan dan bermakna.
4. Menumbuhkan
keterampilan sosial, seperti bekerja sama, toleransi, komunikasi, dan tanggap
terhadap gagasan orang lain.
Pembelajaran tematik di samping memiliki
beberapa keuntungan sebagaimana dipaparkan di atas, juga terdapat beberapa
kekurangan yang diperolehnya. Kekurangan yang ditimbulkannya yaitu:
1. Guru
dituntut memiliki keterampilan yang tinggi
2. Tidak
setiap guru mampu mengintegrasikan kurikulum dengan konsep-konsep yang ada
dalam mata pelajaran secara tepat.
3. Keunggulan dan kelemahan
pembelajaran tematik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"