Selasa, 17 Juli 2012

Pengertian dan Manfaat Asma’ul husna

Assalamu'alaikum Wr.Wb



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan akidah ahlak di negara kita telah mengalami berbagai pembaharuan dari waktu ke waktu. Pembaharuan dilakukan guna meningkatkan kualitas ahlak. Salah satu usaha pemerintah yang secara sentral memperbaharui system pelaksanaan pendidikan akidah ahlak  adalah penyempurnaan kurikulum.
Kurikulum yang sedang dilaksanakan senantiasa dievaluasi dan disempurnakan setiap periode tertentu untuk menghadapi perkembangan masyarakat, ilmu pengetahuan, teknologi  dan dinamika kebudayaan secara keseluruhan

B.     Rumusan masalah
1.      Pengertian kalimat thayyibah ( hamdallah )
2.      Manfaat dan kegunaan kalimat thayyibah
3.      Pengertian dan manfaat asmaul husna
4.      Mengenal Allah Melalui Shalat Lima Waktu
5.      Pengertian ahlak terpuji

C.    Tujuan penulisan makalah
1.      Untuk mengetahui pengertian kalimat thayyibah ( hamdalah)
2.      Untuk mengetahui manfaat dan kegunaan kalimat thayyibah
3.      Untuk mengetahui pengertian asmaul husna
4.      Untuk mengenal Allah Melalui Shalat Lima Waktu
5.      Untuk mengetahui pengertian ahlak terpuji

D.    Manfaat penulisan makalah
Dengan membaca dan mempelajari akidah ahlak ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan dan dapat menerapkannya dalam mengajar pendidikan akidah ahlak.





BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Kalimat Thayyibah ( Hamdalah )
Kalimat artinya kumpulan kata- kata, hamdalah artinya memuji Allah. Jadi kalimat hamdalah artinya kata- kata yang menyatakan memuji Allah SWT. Kalimat Hamdalah juga disebut juga kalimat tahmid. Bunyi kalimat tahmid adalh :
الحمد لله ربّ العالمين
Artinya : “segala Puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.”
1.      Maksud Kalimat Hamdalah
Maksud yang terkandung dalam kalimat hamdalah adalah pernyataan bahwa segala pujian hanya untuk Allah. Hanya Allah yang berhak di puja-puja, tidak ada yang pantas dipuji selain Allah. Kita memuji Allah yaitu Tuhan seluruh alam semesta ini. Kita memuja-  muja allah karena telah memberikan banyak nikmat kepada makhluk.Dengan membaca tahmid ( hamdalah ) kita yakin bahwa Allah yang memberi nikmat sehingga pantas dipuji dan diberi ucapan terima kasih. Kita tahu bahwa Allah SWT Maha Terpuji karena telah membina seluruh jagad alam semesta. Orang yang menyebut kalimat Hamdalah adalah orang yang beriman atau mukmin. Orang mukmin selalu beribadah kepada Allah dan selalu memuji-Nya dalam segala perbuatan sehingga nikmat dengan mengucapkan kalimat Hamdalah.
2.      Bukti kebenaran kalimat Hamdalah
Kandungan kalimat tahmid ( hamdalah ) adalah bersyukur kepada Allah. Memuji dengan sepenuh hati adalah wujud syukur kita kepada Allah SWT. Kita harus benar- benar percaya bahwa Allah itu paling berhak dipuji. Segala makhluk di jagad raya ini diberi nikmath oleh Allah. Allahlah satu- satunya yang Maha Pemberi Nikmat. Allah dan memberi rezeki kepada seluruh ciptaan-Nya. Semua makhluk memuji kepada Allah. Jadi, adanya Allah sebagai pemberi nikmat menunjukan bahwa Allah yang pantas di puji.
3.      Kegunaan dan Khasiat kalimat Hamdalah
Kalimat hamdalah termasuk kalimat thayyibah, artinya kalimat yang baik. Kalimat itu mempunyai khasiat yang banyak. Sangat baik dibaca dalam berbagai keadaan. Kalimat adalah bentuk pujian kepada allah.setiap orang islam membaca kalimat hamdalah. Juga wajib menjaganya dalam kehidupan sehari- hari dalam shalat, berdzikir, dan lain- lain. Bahkan ketika menerima nikmatpun wajib membaca kalimat alhamdulillahi rabbil ‘alamiin.Keuntungan jika selalu menyebut kalimathamdalah adalah dia selalu mensyukuri nikmat Allah SWT. Jika seseorang diberi rezeki dia merasa diberi oleh Allah, kemudian bersyukur kepada Allah, sehingga hidupnya menjadi tentram. Rezeki itu akan menjadi berkah dan bermanfaat.  Kerugian jika tidak mau menyebut kalimat hamdalah adalah hidupnya gelisah. Dia orang kafir yang mengingkari nikmat allah dengan enggan bersyukur. Dia disebut orang kufur nikmat yang tidak diberkahi rezekinya.
Manfaat kalimat tahmid ( hamdalah ) adalah untuk berterima kasih kepada Allah yang anugerah dan rezeki-Nya.Dengan membaca Alhamdulillahi raabil ‘alamiin, berarti orang itu telah memuji dan memuliakan Allah SWT dan mensyukuri nikmat.  Sekalipun kalimat tahmid ( hamdalah ) kelihatannya ringan diucapkan lisan, namun mannfaatnya sangat besar yaitu bisa membuat rezeki menjadi berkah dan pintu rezeki  semakin terbuka dengan kunci Alhamdulillahi raabil ‘alamiin. Stiap orang yang mem bacanya pasti akan berkah rezakinya. Semakin serinng membacanya maka semakin berkah harta dan rezekinya. Dia telah bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberi rezeki. Kegunaan kalimat hamdalah diibaratkan seperti ucapan terima kasih. Orang mukmin harus berterima kasih dan bersyukur hanya kepada Allah yang memberi rezeki. Kebesaran manfaat kalimat hamdalah itu melebihi besarnya langit, bumi dan seluruh alam semesta. Kalimat tauhid lebih berharga daripada emas permata dan seluruh kekayaan.

B.     Pengertian dan Manfaat Asma’ul husna
Asma’u Husna adalah nama- nama yang baik bagi Allah SWT. Allah memiliki nama- nama yang baik berjumlah sembilan puluh sembilan ( 99 ) . kita dapat menyebut nama- nama itu ketika berdoa kepada Allah SWT.
1.      Empat Asma’ul Husna Pilihan
a.      Ar- Razzaq (Allah Maha Pemberi Rezeki )
Kita tahu bahwa  Allah SWT telah menciptakan alam semesta. Kemudian Allah memberi rezeki kepada seluruh makhluk-Nya. Segala mahkluk di alam semesta, manusia, hewan, tumbuhan, ikan, burung, ternak, dan seluruh  makhluk diberi rezeki oleh allah SWT.Allahlah Ar-Razzaq, yang selalu mencukupi rezeki semua ciptaan-Nya. Buktinya bahwa seluruh makhluk di alam ini masih dapat makan, minum, menikmati rezeki sehingga terus hidup. Allah selalu memberi makhluknya tanpa bosan sedikitpun. Seandainya Allah tidak memberi rezeki kepada ciptaan-Nya, maka makhluk alam ini akan kelaparandan mati. Sifat Allah yang Maha pemberi rezeki tersebut lalu mengilhamkan kepada naluri ciptaan-Nya. Disetiap benak makhluk-Nya terdapat rasa ingin mencari rezeki. Allah memberi akal dan ilmu kepada manusia untuk mencari rezeki. Caranya dengan bekerja, beternak, bertani, berdagang dan sebagainya. Orang yang tidak mau bekerja berarti tidak melaksanakan peritah Allah. Orang yang malas bekerja berarti menentang perintah Allah, maka akhirnya dia akan menerima kerugian berupa menjadi orang miskin.
Allah juga telah memberi ilham merasa ingin mencari rezeki kepada binatang, buktinya adalh hewan mampu mencari rezeki untuk dimakannya. Misalnya, ayam memperoleh rezeki Allah dengan mengais tanah dengan jari kakinya. Semua makhluk dengan mudah memperoleh rezeki. Semua adal wujud bahwa Allah Maha Pemberi Rezeki. Jadi Ar-Razzaq adalah nama dan sifat  Allah yang berarti Zat Yang Maha Pemberi rezeki. 

b.      Al-mugni ( Allah Yang Maha Pemberi Kekayaan )
Setelah manusia dan makhluk hidup rajin bekerja untuk mencari rezeki, maka Allah memudahkannya untuk memperolehnya. Lama kelamaan manusia  yang rajin bekerjamenjadi kaya raya dan berlimpah harta benda. Itulah sebabnya manusia menjadi kaya raya karena diberikan kekayaan oleh Allah SWT. Allah Maha Kaya dan Pemberi kekayaan kepada hamba-Nya. Itulah bukti bahwa Allah bersifat Al-Mugni, artinya Maha Pemberi Kekayaan kepada makhluknya melalui melimpahnya hasil bekerja, misalnya hasil pertanian, jual beli, maupun pekerjaan yang lainnya yang banyak. Allah adalah Al-Mugni, yang maha Pemberi kekayaan, Allah selalu menghargai  jerih payah makhluk-Nya dalam bekerja, sehingga melimpahkan kekayaan harta benda kepada umat-Nya. Setiap orang yang rajin bekerja dengan sabar maka allah akan memberikan kekayaan. Lebih- lebih kekayaan lahir dan batin akan diberikan oleh Allah kepada orang yang rajin bekerja karena Allah.
Allah memerintahkan manusia untuk bekerja mencari rezeki dan kekayaan.Allah membuat bumi dan isinya untuk diolah dan di jaga oleh manusia, dengan cara dikelola untuk pertanian perkebunan, perikanan dan lain- lain . kekayaan di bumi ini harus di olah agar bermanfaat bagi kehidupan manusia. Itulah bukti bahwa Allah memberikan kekayaan kepada makhluk-Nya. Allah memberikan kekayaan kepada manusia melalui kecerdasan akalnya dan ketekunan dalam bekerja. Dengan kepandaiannya manusia harus bekerja secara halal dan benar. Jika seseorang telah bekerja dengan cara yang halal, maka akan memperoleh kekayaan yang halal pula. Kekayaan yang halal itulah yang bermanfaat bagi hidup manusia.
c.       Al-Hamid ( Allah Yang maha Terpuji )
Allah Maha terpuji. Allah banyak berbuat baik kepada makhluk-Nya, semua tindakan Allah adalah tindakan yang terpuji, sehingga Allah pantas di puji. Allah menjamin kelestarian makhluk-Nya, serta anugerah allah selalu tercurah kepada makhluk yang besar, maupun yang kecil, semua tidak ada yang kelaparan. Manusia harus meniru kebaikab Allah SWT dengan berbuat baik kepada makhluk yang lainnya seperti hewan dan tumbuhan, terutama kepada sesama manusia.
d.      Asy-Syakur ( Allah maha Mensyukuri )
Allah telah menciptakan alam semesta, manusia, hewan, dan tumbuhan serta makhluk lainnya. Allah memerintahkan manusia untuk menyembah serta melaksanakan ibadah berupa shalat, zakat, puasa, dan berhaji. Allah juga  memerintahkan manusia untuk bekerja, menuntut ilmu, berusaha, dan berbakti kepada orang tua. Allah adalah Maha Mensyukuri, dan menghormati jerih payah manusia dengan cara memberikan pahala. Allah memberikan pahala dan kebaikan bagi orang- orang  yang berbuat baik. Allah juga memberikan pahala bahkan surga dengan segala isinya, serta segala kenikmatannya sesuai dengan perbuatan manusia itu sendiri. Adapun orang- orang yang berbuat buruk, mereka diberikan balasan berupa siksa dan neraka. Allah memberikan balasan kepada orang- orang yang jahat dan berbuat tercela, berupa siksa yang pedih dan penderitaan. Di akhirat kelak akan dimasukan kedalam api neraka yang panas dan membara. Itulah bukti Allah Maha Asy- Syakur.

C.    Mengenal Allah Melalui Shalat Lima Waktu
      Secara bahasa, shalat berarti do’a atau berdo’a, sedangkan menurut istilah syara,shalat adalah ucapan dan perbuatan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam, serta dengan syarat-syarat dan rukun tertentu. Shalat merupakan kegiatan dzikir ( mengingat Allah ) yang memiliki keutamaan yang lebih besar dari ibadah yang lainnya. Shalat menjadi media atau sarana manusia untuk berhubungan langsung dengan Allah SWT. Dalam ajaran agama Islam, Shalat mempunyai kedudukan yang sangat penting. Shalat merupakan rukun Islam yang kedua. Disebutkan dalam hadist Rosululloh SAW. yang artinya:
”Shalat adalah tiang agama, barang siapa yang melakukan Shalat berarti menegakan agama. Dan barang siapa yang meninggalkan Shalat berarti merobohkan agama.” (H.R al- baihaqi ).
Setiap muslim diwajibkan untuk melaksanakan shalat lima waktu dalam sehari semalam, yaitu shalat Dzuhur, Ashar, Magrib, Isya, dan Shubuh.  Allah SWT berfirman dalam al-Qur’an surat An- Nisa ayat 103,
4 ¨bÎ) no4qn=¢Á9$# ôMtR%x. n?tã šúüÏZÏB÷sßJø9$# $Y7»tFÏ. $Y?qè%öq¨B ÇÊÉÌÈ  
“Sesungguhnya Shalat adalah kewajiban bagi orang- orang yang beriman yang telah ditentukan waktunya.” ( Q. S. An- Nisa : 103 ).
Shalat memiliki banyak keutamaan antara lain sebagai berikut :
1.      Shalat merupakan sarana bagi manusia untuk mengenal Allah SWT.
2.      Shalat adalah Dzikir ( mengingat Allah SWT. ).
3.      Shalat dapat mendisiplinkan diri terhadap waktu.
4.      Shalat dapat membersihkan diri dan jiwa manusia.

D.    Akhlak Terpuji
Mengingat asal usulnya, semua manusia sama derajatnya  kemudian dengan usahanya, maka manusian dapat mencapai derajatnya yang lebih tinggi. Oleh karena pada dasarnya manusia sama. Maka selayaknya jika antara manusia yang satu dengan yang lain saling menghormati dan menghargai. Barang siapa yang saling menghormati dan menghargai orang lain, niscaya ia akan dihormati dan dihargai oleh orang lain. Manusia hidup di dunia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Sebagai makhluk individu, ia harus mampu berbuat baik sendiri, tidak tergantung kepada makhluk lain dalam menentukan sikap dan perbuatannya sebagai amal dalam hidupnya. Sedangkan makhluk sosial ia harus sadar bahwa ia tidak dapat hidup sendiri, satu sama lainnya saling membutuhkan sebagai makhluk hidup dalam menuju kerukunan. Manusiahidup perlu bergaul, sebab dengan  bergaul orang dapat saling mengenal, tukar pengalalaman, saling menghormati, dan menghargai. Dan dalam bergaul diperlukan adanya saling pengertian dan tidak berat sebelah. Akhlak terpuji disebut juga dengan akhlak mahmudah. Macam- macam sifat atau akhlak terpuji banyak diantaranya, sepeerti : syukur nikmat,  hidup sederhana, rendah hati, adab berpakaian, adab makan dan minum, adab ketika bersin, dan lain sebagainya.

1.      Syukur Nikmat
            Yang dimaksud dengan syukur nikmat adalah wujud terima kasih kepada Allah SWT atas berbagai nikmat. Nikmat Allah yang diberikan kepada manusia sangatlah banyak sehingga apabila kita disuruh untuk menghitungnya, pasti kita tidak dapat menghitungnya.
Firman Allah SWT :
4 bÎ)ur (#rãès? |MyJ÷èÏR «!$# Ÿw !$ydqÝÁøtéB 3  ...
  
Artinya: “Dan jika menghitung nikmat Allah SWT . tidaklah kamu dapat menghitungnya,’ (Q.S. Ibrahim : 34)
           
Diantara nikmat Allah yang harus disyukuri adalah nikmat jasmani. Nikmat jasmani adalah pemberian Alla SWT yang berupa kesempurnaan jasmani atau badan. Allah telah menciptakan kita dalam bentuk sebaik- baiknya.
Allah SWT berfirman :
ôs)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þÎû Ç`|¡ômr& 5OƒÈqø)s? ÇÍÈ  
Artinya : “Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik- baiknya.” ( Q.S. At-Tin : 4)

            Selain pemberian jasmani atau tubuh yang sempurna, Allah juga memberikan nikmat yang  sangat besar, yaitu kesehatan tubuh kita. Tetapi nikmat yang satu ini sering Kita lupakan. Adapun cara mensyukuri nikmat Allah tersebut adalah sebagai  berikut:
1.      Menggunakan tubuh kita untuk hal- hal yang baik, misalnya menggunakan telinga untuk mendengarkan Al- Qur’an, menggunakan kaki untuk  ke mesjid atau menjenguk orang yang sakit dan sebagainya.
2.      Menjaga tubuh agar selalu sehat , misalnyadengan rajin berolah raga dan menghindari makanan dan minuman yang haram, seperti khamar.
2.      Hidup Sederhana
            Hidup sederhana adalah sikap atau perilaku bersahaja atau tidak berlebih- lebih. Orang yang hidup sederhana adalah orang yang hidup tidak berlebih- lebihan dalam menggunakan harta bendanya. Ia menggunakan hartanya sesuai dengan kebutuhan
Firman Allah SWT :
  (#qè=à2ur (#qç/uŽõ°$#ur Ÿwur (#þqèùÎŽô£è@ 4 ¼çm¯RÎ) Ÿw =Ïtä tûüÏùÎŽô£ßJø9$# ÇÌÊÈ  

Arinya: “Makan dan minumlah, tetapi jangan belebih- lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih- lebihan.” (Q.S. Al-A’raf : 31)
Kesederhanaan dapat kita wujudkan dalam berbagai hal, seperti :
a.       Dalam hal berpakaian
b.      Dalam hal membelanjakan uang
c.       Dalam hal bergaul dengan sesama
Sifat sederhana artinya adalah tanda yang menujukan adanya kesahajaan atau tidak belebiih- lebihan.bahwa seseorang disebut bersahaja,tidak berlebihan atau sederhana dapat kita lihat dari kebiasaannya atau wataknya dalam kehidupan sehari-hari.
Sifat sederhana termasuk sifat terpuji,oleh karena itu sifat sederhana hendaknya kita miliki.
3.      Rendah hati
Sifat rendah hati dalam agama islam disebut tawaduk yang berarti tidak angkuh atau menjauhi sifat sombong. Orang islam yanh bersifat rendah hati dalam kehidupan sehari-hari akan menunjukan sikap-sikap dalam perilakunyya antara lain sebagai berikut :
1.      Selalu menjaga pergaulan sesama manusia
2.      tidak ada perasaan memiliki kelebihan dari orang lain
3.      tidak pernah merendahkan oran lain
Manfaat atau orang yang mempunyai sifat rendah hati banyak sekali.Misalnya, dalam pergaulan hidup sehari-hari dilingkungannya ia dihargai oleh teman-temannya, dihormati, dan disayangi oleh sahabat karibnya.
Keuntungan orang yang mempunyai sifat rendah hati, yakni:
a.       Dijauhkan dari fitnah
b.      Tidak memiliki musuh
c.       Tidak diganggu orang 
4.      Adab berpakaian
a.       menutup aurat
b.      Adab ketika memakai pakaian

5.      Adab makan dan minum
a.       Sebelum makan cuci tangan
b.      Menaruh piring lalu mengambil nasi
c.        Mengambil segelas air minum serta sendok dan garpu dengan menggunakan tangan kanan
d.      Membaca doa sebelum makan
e.       Ketika makan dilakukan dengan tenang, tidak tergesa-gesa dan bergurau.
f.        Makan dan minum secukupnya tidak berlebihan.
g.       Selesai makan segera membersihkan alat makan.
h.       Mencuci tangan dan merapihkan kembali piring, gelas, sendok dan garpuh.
i.        Bersyukur atas rezeki Allah dengan membaca do’a sesudah makan yaitu :
الحمد لله الّذي أطعامنا وثقانا وجعلنا من المسلمين
“Segala puji bagi allah yang telah memberi makan dan minum dan menjadikan kamu orang-orang yang berserah diri (muslim)”
6.      Adab ketika bersin
Bersin adalah keluarnya udara bercampur titik air dari lubang hidung karena ada yang menyebabkannya. Diantara adab ketika bersin adalah sebagai berikut :
a.       Arahkan wajah menjauhi orang atau makanan dan minuman
b.      Arahkan muka ke bawah agar bersin tidak menyebar.
c.       Tutuplah hidung dengan kedua tangan atau tangan kanan.
d.      Jika sempat maka tutuplah dengan sapu tangan atau kertas tisu
e.       Bacalah Alhamdulillah
f.       Bersihkan hidung dan mulut dengan sapu tangan.
Orang yang bersin harus bersyukur mengucapkan :
الحمد لله
“segala puji bagi Allah”
Jika ada temanmu bersin dan dia membaca Alhamdulilah, maka ucapkanlah
يرحمك الله
“semoga Allah nmenyayangimu”
Bagi orang yang bersinnya menjawab                                        يهد كم ا لله


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Maksud yang terkandung dalam kalimat hamdalah adalah pernyataan bahwa segala pujian hanya untuk Allah. Hanya Allah yang berhak di puja-puja, tidak ada yang pantas dipuji selain Allah. Kita memuji Allah yaitu Tuhan seluruh alam semesta ini. Kita memuja-  muja allah karena telah memberikan banyak nikmat kepada makhluk.
Asma’u Husna adalah nama- nama yang baik bagi Allah SWT. Allah memiliki nama- nama yang baik berjumlah sembilan puluh sembilan ( 99 )
Akhlak terpuji disebut juga akhlak mahmudah, yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari- hari.

B.     Saran
Dengan dibuatnya makalah ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca. Seperti halnya pribahasa mengatakan “tak ada gading yang tak retak”. Maka dari itu, demi kelancaran pembuatan makalah selanjutnya kami mengharapkan kritik dan saran yang bersipat membangun.






DAFTAR PUSTAKA

Taufik Mokhamad.2008. Akidah Akhlak. Semarang: Aneka Ilmu.

1 komentar:


  1. Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online, Kursus Jarak Jauh, Kursus Programming, Kursus Desain Grafis, Ilmu Komputer

    Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran, Guru Datang Ke Rumah, Guru Private

    BalasHapus

"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"

Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan

Assalamu'alaikum Wr.Wb Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan Nama yang Anda cari yaitu  Alif Al Faeyza Sufyan  memiliki banyak arti dari ...