Kamis, 18 Oktober 2012

Adab Bermajlis

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Mhn ijin sharing :smoga ada manfaatnya

Itje Paulina
بِسْمِ اللهِ الرَّحمنِ الرَّحِيْم

--- Adab Bermajlis --

Umar bin Khottob berkata : "Jika engkau duduk mengajar kepada orang banyak, maka jadilah penasehat kepada hatimu sendiri, dan jangan terpesona oleh berkumpulnya mereka di skelilingmu, sebab mereka hanya memperhatikan wujud lahirmu, sedangkan Alloh memperhatikan wujud batinmu.

Karena itulah di akhir majlis, kita "harus" berucap :

#SUBHAANAKA ALLOOHUMMA WA BI HAMDIKA
ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLAA ANTA
ASTAGHFIRUKA WA ATUUBU ILAYKA #

Maha Suci Engkau ya Alloh, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Alloh, aku memohon ampun kepadaMu, dan aku bertobat kepadaMu,

SUBHAANAKA ALLOOHUMMA
Maha Suci Engkau ya Alloh,

(sehingga jika "dipuji" orang dalam majlis maka kembalikan pujian tersebut kepada Alloh).

WA BI HAMDIKA dan dengan pujianMu,

(karena jika "nampak terpuji" dalam majlis hal itu disebabkan Alloh menutupi sifat kekurangan kita dengan sifat kesempurnaanNya).

ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLAA ANTA : aku brsaksi bhwa tdk ada Tuhan slain Alloh,

(hikmahnya : jika bermajlis "niat"kanlah untuk lebih mengenal Alloh sebagai satu2nya tujuan).

ASTAGHFIRUKA : aku memohon ampun kepadaMu,

(dimaksudkan utk mohon ampun atas kesalahan dalam mempelajari & mengajarkan ilmuNya).

WA ATUUBU ILAYKA : dan aku brtobat kpdMu,

(mengharapkan jika ada kesalahan bermajlis semoga merupakan kesalahan terakhir, agar jangan terulang kembali pada majlis2 berikutnya).

Wallohu'alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"

Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan

Assalamu'alaikum Wr.Wb Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan Nama yang Anda cari yaitu  Alif Al Faeyza Sufyan  memiliki banyak arti dari ...