Kamis, 18 Oktober 2012

KEMULIAN ILMU

Assalamu'alaikum Wr.Wb

:::KEMULIAN ILMU:::

Karena ilmu dan amal, langit dan bumi serta alam seisinya diciptakan oleh Alloh SWT. Dia berfirman: "Alloh-lah yang menciptakan tujuh lapis langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Alloh berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Alloh Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Alloh, ilmuNya benar-benar meliputi segala sesuatu." (QS. Ath-Thalaaq: 12)

Ayat ini cukup menjadi dalil, betapa mulia dan luhur nya ilmu, sekaligus keharusan mencarinya, apalagi ilmu TAUHID.

Alloh SWT berfirman: "Dan Aku tidak menciptakan Jin dan Manusia, kecuali supaya mereka menyembah-Ku." (QS. Adz-Dzaariyaat: 56). 

Ayat tersebut membuktikan betapa mulianya ibadat dan keharusan menerima ibadat itu sendiri. Maka, dua persoalan yang lebih agung ini merupakan tujuan diciptakannya dua rumah: "dunia dan akhirat." Maka hak hamba, bagaimana tidak menyibukkan diri kecuali dengan dua persoalan tersebut, sekaligus tidak mengabaikannya. Ilmu merupakan mutiara termulia. Ibadat pun harus disertai ilmu. Sebab tanpa demikian, ilmu akan terhambur sia-sia.

Alloh SWT berfirman kepada Nabi Daud a.s : "Hai Daud! Tuntutlah olehmu ilmu yang bermanfaat!" Nabi Daud a.s menjawab, "Ya Alloh Tuhanku, apakah ilmu yang bermanfaat itu?" firman Alloh, "Yaitu untuk mengetahui kehuluhuran, keagungan dan kebesaraKu, serta kesempurnaanKu atas segala sesuatu, inilah yang mendekatkan engkau kepadaKu."

Ketahuilah, ilmu wajib didahulukan sebelum ibadat. Sebab dengan ilmu, ibadat menjadi sah dan selamat. Disamping itu ilmu yang bermanfaat akan membuahkan rasa takut dan tunduk kepada Alloh SWT dlm Qolbu sang hamba. Rasa takut dan tunduk membuahkan taat, sekaligus mencegah maksiat, dengan pertolongan dan taufiq Alloh SWT. Tidak ada lagi maksud di belakang kedua perkara tadi, ketika seorang hamba menyembah Tuhannya. Karena itu ilmu yang bermanfaat haruslah dicari dan diamalkan. Pertama-tama harus dikenal siapa yang disembah dan kemudian Anda menyembah-Nya. Bagaimana Anda menyembah Dzat yang Anda sendiri tidak mengenal Nama dan sifat-Nya, apa yang wajib dan mustahil dalam sifat-sifatNya. Karena itu sepanjang aqidah Anda perihal sifat-sifatNya yang bertentangan dengan Al-Haq, ibadat Anda benar-benar terhamburkan.

Anda pun perlu mengetahui apa yang seharusnya menjadi kewajiban syariat, apa yang telah diperintahkan dan yang dilarang.

Ilmu yang wajib dicari bagi seorang mukmin itu ada tiga:

Pertama, Ilmu Tauhid, dan segenap yang tampak dari disiplin tauhid, yang menjadi dasar-dasar agama, dan kaidah-kaidah aqidah yang mencukupi.

Kedua, Ilmu as-Sirr, yaitu yang berkaitan dengan qolbu dan tingkah lakunya, baik yang diwajibkan maupun yang dilarang.

Ketiga, Ilmu Ibadat lahiriah, yang berkaitan dengan fisik dan harta benda.

Semoga Alloh SWT memberikan karunia lewat ilmu yang harus Anda ketahui dan mengamalkan sebagaimana kewajibannya, disamping meninggalkan apa yang seharusnya Anda tinggalkan. Bagaimanapun Anda telah melaksanakan apa yang telah diwajibkan Alloh SWT, dan Anda menjadi golongan ulama yang mengamalkan ilmunya. Hanya kepada Alloh-lah segala taufiq.

Roudhatut-Thalibien wa Umdatus-Saalikien al-Imam Abu Hamid Muhammad al-Ghazali r.a.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"

Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan

Assalamu'alaikum Wr.Wb Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan Nama yang Anda cari yaitu  Alif Al Faeyza Sufyan  memiliki banyak arti dari ...