Kamis, 18 Oktober 2012

Waa'tashimuu bihablillahi (3x) jamii'an walaa tafarroquu

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Waa'tashimuu bihablillahi (3x) jamii'an walaa tafarroquu♥)))

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang yang lain. Sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat Lagi Penyayang." 
(QS: AL-Hujurot: 12).

Sebuah hadits yg diriwayatkan oleh Abu Hurairoh r.a, "Ada seorang laki-laki berada disisi Rosululloh SAW, lalu beliau berdiri, sedangkan laki-laki itu tdk ikut berdiri. Maka sebagian org sahabat ketika itu berucap, 'Wah, payah org itu!' Lalu Nabi SAW bersabda, 'Apakah kalian memakan daging saudara kalian, dan kalian mempergunjingkan dia'?"

Suatu riwayat, ketika Alloh SWTmenurunkan wahyu kpd Nabi Musa a.s. Bin Imron a.s, Alloh SWT berfirman, "Siapa saja yang meninggal dunia dalam keadaan bertobat dari ghibah (menggunjing org), maka org itu adalah yg terakhir masuk surga. Dan siapa yg meninggal dlm keadaan tetap menggunjing, maka dialah yg pertama kali masuk neraka." Na'udzubillahi min dzalik. Kpd Alloh lah kita berlindung dri perbuatan2 ini.

Ibrohim bin Adham suatu hari diundang utk da'wah. Ketika menghadiri majlis itu, sejumlah org menggunjing seseorg yg tdk hadir disana. Ibrohim bin Adham berkata, "Mereka memperlakukan aku demikian ketika aku hadir di suatu tempat, sementara org2 menggunjingkan org lain." Lalu Ibrohim bin Adham keluar begitu saja dan tdk bisa makan selama tiga hari. Subhanalloh!!!.

Ada ulama yg mengatakan, org yg menggunjing manusia seperti org yg tertimpa tombak, yg melemparkan kebajikan2nya dari arah timur sampai kearah barat.

Seorg hamba, kelak di hari kiamat diberikan catatan kitab amalnya. Sama sekali Ia tdk melihat adanya amal kebajikan di dlm catatan itu. Hamba itu protes, "Mana amal sholatku, puasa dan taatku?" lalu di jwb, " Amalmu hilang krn perbuatanmu menggunjing org." dan siapa yg digunjing org dgn satu gunjingan, maka Alloh mengampuni separuh dosanya.

Demikianlah kelak ada seseorg yg diberikan kitabnya dri arah kanannya. Lalu org itu melihat kebajikan2 di dlm catatan kitab itu yg sama sekali tdk pernah diduga sebelumnya. Lalu di katakan kpd org itu, "Kebajikan ini dtg dri gunjingan2 org kpdmu, dan Anda tdk pernah merasakannya."
Subhanaalloh!!!

Pangersa Abah Anom q.s, mengutip Firman Alloh dlm al-Qur'an surat Ali Imron ayat 103 yg artinya: "Berpegang teguhlah kalian kpd tali agama Alloh (dzikrulloh jahar dan khofi) dan janganlah bercerai berai...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"

Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan

Assalamu'alaikum Wr.Wb Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan Nama yang Anda cari yaitu  Alif Al Faeyza Sufyan  memiliki banyak arti dari ...