Rabu, 16 Januari 2013

Contoh Metode Analisa Data

Assalamu'alaikum Wr.Wb


 Metode Analisa Data

Setelah mengadakan serangkaian kegiatan (penelitian) dengan menggunakan beberapa metode di atas, maka data-data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik deskriptif. Teknik ini dipergunakan untuk menganalisa data yang bersifat kualitatif atau data yang tidak dapat direalisasikan dengan angka. Adapun data yang bersifat kuantitatif akan dianalisa dengan menggunakan teknik prosentase, dimana akan digunakan rumus sebagai berikut :

       F
P   =  ------- x 100
             N


 

Keterangan : P : Prosentase   
                    F : Frekuensi
      
                   N : Jumlah responden
    
 
f.       Hipotesis
Untuk memperoleh jawaban sementara terhadap masalah yang diteliti, perlu dirumuskan suatu hipotesis penelitian. Menurut Suharmini Arikunto (1992 : 62) mengemukakan bahwa : “Hipotesis dapat diartikan sebagai sesuatu jawaban sementara terhadap permasalahan penelitian, sampai terbukti data-data yang terkumpul”.
Bertolak dari rangka pemikiran di atas, maka dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut : semakin tinggi korelasi kebiasaan belajar  ( X ), maka semakin tingi pula prestasi belajar peserta didik di SMAN Cihaurbeuti ( Y ). Dan sebaliknya semakin rendah korelasi kebiasaan belajar peserta didik maka semakin rendah pula prestasi belajar peserta didik yang diperolehnya di SMAN Cihaurbeuti.
Jika korelasi kebiasaan belajar peserta didik di Cihaurbueti dinyatakan sebagi variable bebas ( X ) dan prestasi belajar peserta didik di Cihaurbeuti dinyatakan sebagai vriabel ( Y ), maka rumus hipotesis diatas dinyatakan  sebagai berikut :
Text Box: Dk (n-2)
A=0,05

 
                                                           
Ketentuan : H0 terima = thitung – t ( 1-a ) (dk)
       Hi  terima = thitung – t ( 1-a ) (dk)
Hipotesis yang diajukan penulis dapat diterima apabila ada korelasi kebiasaan belajar peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"

Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan

Assalamu'alaikum Wr.Wb Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan Nama yang Anda cari yaitu  Alif Al Faeyza Sufyan  memiliki banyak arti dari ...