Senin, 08 April 2013

Membuat proposal penelitian dengan sistematis dari latar belakang s.d lampiran


II.         Membuat proposal penelitian dengan sistematis dari latar belakang s.d lampiran
PENGGUNAAN METODE RESITASI MELALUI MEDIA LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI.
Penelitian di SDN Sirnagalih Kecamatan Pagerageung Kab Tasikamalaya.

A.     Latar Belakang Masalah
Guru adalah pelaksana dan pengembang program kegiatan belajar mengajar. Guru juga merupakan pemilik pribadi keguruan yang unik, artinya tidak ada dua guru yang memiliki pribadi keguruan yang sama. Sehingga setiap guru memiliki pribadi keguruannya masing-masing yang tidak ada duanya. Pribadi keguruan harus senantiasa dikembangkan untuk menyempurnakan penguasaan terhadap berbagai kompetensi dibidang keguruan yang kian hari terus berkembang. Dalam hal ini kompetensi untuk menetapkan, mengembangkan dan mempergunakan semua metode-metode mengajar, sehingga terjadilah kombinasi-kombinasi dan variasinya yang efektif.
Dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan prestasi belajar siswa, guru sering pula memakai suatu metode mengajar yang dikenal dengan istilah metode assigment recitation atau pemberian tugas belajar. Tugas belajar yang diberikan tersebut dapat berupa alat bantu mengajar yaitu “semua perlengkapan yang ikut menentukan penggunaan suatu materi pelajaran cukup tersedia bagi semua murid” Perlengkapan belajar mengajar yang dimaksudkan salah satunya dapat berwujud Buku Lembar Kerja Siswa (LKS).
Oleh karena itu, kiranya perlu penggunaan salah satu metode agar materi PAI dapat dipahami oleh peserta didik dengan baik dan benar. Maka, penulis mencoba menggunakan metode resitasi melalui media LKS ini untuk terciptanya proses kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan yang diharapkan.
Apabila prestasi belajar siswa tersebut ternyata ditimbulkan oleh penggunaan metode resitasi melalui media LKS, maka metode mengajar tersebut harus lebih ditingkatkan lagi sampai semaksimal mungkin dalam rangka untuk lebih meningkatkan prestasi belajar siswa yang lebih baik dari sebelumnya. Apabila ternyata prestasi belajar PAI siswa dipengaruhi dan ditimbulkan oleh faktor lainnya, maka penggunaan metode resitasi melalui Media Lembar Kerja Siswa (LKS) harus diperbaiki format dan pelaksanaannya, sehingga akan dapat membantu meningkatkan dinamika prestasi belajar siswa.
Dalam pengamatan sementara, prestasi kognitif siswa di SD Negeri Sedaleuwih Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya ini disebabkan dan ditimbulkan kurangnya guru, sehingga guru PAI menjadi guru kelas/ wali kelas, dari penggunaan metode mengajar oleh guru PAI berupa metode Resitasi melalui media lembar kerja siswa (LKS). Namun demikian kebenaran mengenai realitas gejala pada penggunaan metode mengajar tersebut terhadap prestasi kognitif siswa masih harus dibuktikan kebenarannya. Sehingga kebenaran yang dimaksud tidak ditimbulkan oleh faktor perkiraan ataupun spekulasi pendapat. Maka untuk mencari kebenaran hal tersebut harus dilakukan pembuktian serta harus diuji pula secara ilmiah.
Dalam pembuktian yang dimaksud, dilakukan dengan jalan mengadakan penelitian kuantitatif yang didalamnya mengkaji dan meneliti penggunaan metode resitasi melalui media lembar kerja siswa (LKS) terhadap prestasi siswa. Sehingga dapat dilihat nantinya, tentang hasil penelitian yang dapat dipertanggung jawabkan mengenai gambaran penggunaan metode mengajar tersebut terhadap prestasi siswa yang selama ini telah berjalan di SD Negeri Sedaleuwih, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya
Untuk tercapainya tujuan tersebut peneliti merumuskan dalam sebuah judul yaitu Penggunaan Metode Resitasi Melalui Media Lembar Kerja Siswa (LKS) Hubungannya Dengan Prestasi Kognitif Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI. (Penelitian Di SDN Sirnagalih Kecamatan Pagerageung Kab Tasikamalaya ).

B.       Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian dari latar belakang di atas, maka identifikasi masalah dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut:
1.      Kurang kreatifitas dalam menggunakan materi mata pelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran PAI berlangsung monoton.
2.      Siswa kurang memahami materi mata pelajaran PAI yang di berikan oleh guru di SDN Sirnagalih Kecamatan Pagerageung
3.      Lemahnya Kognitif siswa dalam Mata pelajaran PAI.
C.     Batasan Masalah
Dengan inti permasalahan tersebut maka penulis membatasi permasalahan ini yaitu hanya membahas mengenai :
1.      Metode Resitasi Melalui Media LKS
2.      Prestasi Kognitif Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI.

D.    Rumusan Masalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"

Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan

Assalamu'alaikum Wr.Wb Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan Nama yang Anda cari yaitu  Alif Al Faeyza Sufyan  memiliki banyak arti dari ...