II.
Membuat proposal penelitian dengan sistematis dari
latar belakang s.d lampiran
PENGGUNAAN METODE
RESITASI MELALUI MEDIA LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI
KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI.
Penelitian
di SDN Sirnagalih Kecamatan Pagerageung Kab Tasikamalaya.
A.
Latar
Belakang Masalah
Guru adalah pelaksana dan pengembang
program kegiatan belajar mengajar. Guru juga merupakan pemilik pribadi keguruan
yang unik, artinya tidak ada dua guru yang memiliki pribadi keguruan yang sama.
Sehingga setiap guru memiliki pribadi keguruannya masing-masing yang tidak ada
duanya. Pribadi keguruan harus senantiasa dikembangkan untuk menyempurnakan
penguasaan terhadap berbagai kompetensi dibidang keguruan yang kian hari terus
berkembang. Dalam hal ini kompetensi untuk menetapkan, mengembangkan dan
mempergunakan semua metode-metode mengajar, sehingga terjadilah
kombinasi-kombinasi dan variasinya yang efektif.
Dalam rangka menumbuhkan dan
meningkatkan prestasi belajar siswa, guru sering pula memakai suatu metode
mengajar yang dikenal dengan istilah metode assigment
recitation atau pemberian tugas belajar. Tugas belajar yang diberikan
tersebut dapat berupa alat bantu mengajar yaitu “semua perlengkapan yang ikut
menentukan penggunaan suatu materi pelajaran cukup tersedia bagi semua murid”
Perlengkapan belajar mengajar yang dimaksudkan salah satunya dapat berwujud
Buku Lembar Kerja Siswa (LKS).
Oleh karena itu, kiranya perlu
penggunaan salah satu metode agar materi PAI dapat dipahami oleh peserta didik
dengan baik dan benar. Maka, penulis mencoba menggunakan metode resitasi
melalui media LKS ini untuk terciptanya proses kegiatan belajar mengajar yang
sesuai dengan yang diharapkan.
Apabila prestasi belajar siswa tersebut
ternyata ditimbulkan oleh penggunaan metode resitasi melalui media LKS, maka
metode mengajar tersebut harus lebih ditingkatkan lagi sampai semaksimal
mungkin dalam rangka untuk lebih meningkatkan prestasi belajar siswa yang lebih
baik dari sebelumnya. Apabila ternyata prestasi belajar PAI siswa dipengaruhi
dan ditimbulkan oleh faktor lainnya, maka penggunaan metode resitasi melalui Media
Lembar Kerja Siswa (LKS) harus diperbaiki format dan pelaksanaannya, sehingga
akan dapat membantu meningkatkan dinamika prestasi belajar siswa.
Dalam pengamatan sementara, prestasi
kognitif siswa di SD Negeri Sedaleuwih Kecamatan Pagerageung Kabupaten
Tasikmalaya ini disebabkan dan ditimbulkan kurangnya guru, sehingga guru PAI
menjadi guru kelas/ wali kelas, dari penggunaan metode mengajar oleh guru PAI
berupa metode Resitasi melalui media lembar kerja siswa (LKS). Namun demikian
kebenaran mengenai realitas gejala pada penggunaan metode mengajar tersebut
terhadap prestasi kognitif siswa masih harus dibuktikan kebenarannya. Sehingga
kebenaran yang dimaksud tidak ditimbulkan oleh faktor perkiraan ataupun
spekulasi pendapat. Maka untuk mencari kebenaran hal tersebut harus dilakukan
pembuktian serta harus diuji pula secara ilmiah.
Dalam pembuktian yang dimaksud,
dilakukan dengan jalan mengadakan penelitian kuantitatif yang didalamnya
mengkaji dan meneliti penggunaan metode resitasi melalui media lembar kerja
siswa (LKS) terhadap prestasi siswa. Sehingga dapat dilihat nantinya, tentang
hasil penelitian yang dapat dipertanggung jawabkan mengenai gambaran penggunaan
metode mengajar tersebut terhadap prestasi siswa yang selama ini telah berjalan
di SD Negeri Sedaleuwih, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya
Untuk tercapainya tujuan tersebut peneliti merumuskan
dalam sebuah judul yaitu “Penggunaan
Metode Resitasi Melalui Media Lembar Kerja Siswa (LKS) Hubungannya Dengan
Prestasi Kognitif Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI. (Penelitian Di SDN Sirnagalih Kecamatan
Pagerageung Kab
Tasikamalaya ).
B.
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan
uraian dari latar belakang di atas, maka identifikasi masalah dalam penelitian
ini yaitu sebagai berikut:
1. Kurang
kreatifitas dalam menggunakan
materi mata pelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran PAI berlangsung monoton.
2. Siswa
kurang memahami materi mata pelajaran PAI yang di berikan oleh guru di SDN Sirnagalih
Kecamatan Pagerageung
3. Lemahnya
Kognitif siswa dalam Mata pelajaran PAI.
C.
Batasan
Masalah
Dengan inti permasalahan tersebut maka
penulis membatasi permasalahan ini yaitu hanya membahas mengenai :
1. Metode Resitasi Melalui
Media LKS
2. Prestasi
Kognitif Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI.
D.
Rumusan
Masalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"