Senin, 14 Mei 2012

RANCANGAN POKOK-POKOK PROGRAM KERJA KARANG TARUNA KEL. MASA BAKTI 2010-2013


RANCANGAN POKOK-POKOK PROGRAM KERJA KARANG
TARUNA KEL.  MASA BAKTI 2010-2013

A.      LATAR BELAKANG

Karang Taruna Kel.  merupakan organisasi mitra pemerintah dalam penerapannya untuk membantu pemerintah dalam urusan pelaksanaan program kesejahteraan masyarakat.  Karang Taruna Kel.  adalah organisasi kemasyarakatan pemuda sebagai bagian integral dari potensi generasi muda Kel.  yang menitik beratkan pada bidang garapannya yaitu untuk kesejahteraan masyarakat.
Sebagai organisasi yang bersandar pada nilai-nilai kemasyarakatan Karang Taruna Kel.  sebagai sumber motifasi dan inspirasi yang memberikan makna serta arah pembangunan masyarakat menuju penyempurnaan nilai-nilai kemasyarakatan khusunya dalam konteks program kesejahteraan masyarakat.  Oleh karena itu dalam bermasyarakat Karang Taruna Kel.  memegang teguh kesemestian bersikap, menjujung tinggi prinsip keadilan serta kejujuran, bersikakp membangun menghindari sikap ekstrim, memiliki karakter dalam melakukan perbaikan yang kontraktif serta mencegah terjadinya kerusakan harkat manusia dan kerusakan lingkungan, mandiri, bebas terbuka, bertanggung jawab dalam berfikir, bersikap dan bertindak.
Dalam rangka peran aktif Karang Taruna Kel.  dalam hal kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah maka perlu disusun suatu pokok-pokok program yang mengandung arahan serta kebijakan untuk melaksanakan upaya pemberdayaan kerja dan kinerja organisasi dalam peranannya sebagai subsistim dari pembangunan daerah.  Rancangan kerja ini mengandung bahan-bahan dasar dalam menterjemahkan, mengembangkan, dan menjabarkan setiap pemikiran yang berhubungan dengan upaya kesejahteraan sosial, pembangunan, pembaharuan dan perbaikan kerja dan kinerja organisasi kedalam perencanaan program kegiatan yang meliputi konsepsi, kebijaksanaan, serta strategi dan semua program utama yang perlu dilaksanakan.
Maksud Penyusunan.
Pokok-pokok program Karang Taruna Kel.  di susun dengan maksud agar setiap program kerja bersifat integrative, dan dapat benar-benar dilaksanakan secara menyeluruh, terarah dan terpadu.
Tujuan Penyusunan
Penyusunan pokok-pokok program kerja Karang Taruna Kel.  bertujuan untuk memberikan kerangka pemikiran dan meletakan arah bagi penyelenggaraan kegiatan organisasi sehingga pencapaian sasaran utamanya dapat dilakukan sebaik dan setepat mungkin.
Ruang Lingkup
Rumusan yang tercantum dalam pokok-pokok program kerja Karang Taruna Kel. Tasikmalaya mencakup beberapa pokok pikiran dan garis-garis besar permasaalahan, yang akan diuraikan melalui konsepsi, kebijakan dasar, serta strategi dan program-program utama Karang Taruna Kel.Tasikmalaya. penjabaran selanjutnya diuraikan secara lebih luas dan lebih rinci dalam berbagai dokumen penunjang yang di buat berdasarkan gagasan-gagasan mendasar yang telah dituangkan dalam program umum Karang Taruna Kel.Tasikmalaya ini.  Ruang lingkup pokok-pokok program kerja Karang Taruna Kel. Tasikmalaya menyangkut tentang aktualisasi Karang Taruna Kel. Tasikmalaya dalam mengembangkan wawasan intelektual kader, memperjuangkan keberdayaan anggota dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Pendekatan
Pendekatan yang digunakan dalam mengembangkan dan menyusun program, pokok-pokok program kerja Kel. Tasikmalaya adalah pendekatan integralistik atau pendekatan yang menggunakan wawasan menyeluruh, terarah, dan terpadu di dalam melihat hakekat, makna dan permasalaahan di wilayah kerja Karang Taruna Kel. Tasikmalaya dengan menggunakan pedekatan demikian, diharapkan penyelenggaraan kegiatan program-program kerja oraganisasi dapat mencapai sasarannya secara lebih tepat dalam pendekatan tersebut digunakan tata piker sebagai berikut :
Naturalistis :
Pemikiran yang didasarkan penghayatan pada kodrat tentang penting adanya keselarasan hubungan antar manusia dengan Allah yang diikuti oleh pemahaman tentang adanya saling ketergantungan antara sesame manusia, antara manusia dengan lingkungannya.
Sinergis :
Pemikiran yang mementingkan keseluruhan, yaitu bahwa program kerja Karang Taruna Kel. Tasikmalaya perlu memperhitungkan dan mengintegrasikan segala aspek yang saling mengait dan saling menunjang, demi terwujudnya keutuhan keseluruhan.

B.      PENGERTIAN

Pokok-pokok program kerja pada hakekatnya adalah pokok program yang terarah dan terpadu, serta berkesinambungan untuk di jabarkan kedalam pokok-pokok program kerja Karang Taruna Kel. Tasikmalaya yang merupakan suatu kerangka kerja dalam upaya menumbuh kembagkan kualitas kerja dan kinerja Karang taruna Kel. Tasikmalaya.

C.      MAKSUD DAN TUJUAN

Pokok-pokok program kerja dimaksudkan sebagai panduan dalam menyusun kegiatan-kegiatan organisasi dan merupakan kerangka acuang untuk menetapkan kebijakan organisasi.
Adapun tujuan pokok-pokok program kerja adalah :
memantapkan keberadaan, peran organisasi dalam memenuhi kepentingan masyarakat
mengembangkan potensi pengurus Karang Taruna Kel. Tasikmalaya secara kritis dan kreatif dalam mewujudkan kegiatan nyata yang bermamfaat bagi masyarakat
meletakan kerangka landasan bagi perjalanan organisasi berikutnya secara berencana dan berkesinambungan

D.      SASARAN PROGRAM

Sasaran Program kerja yang hendak di capai adalah meningkatnya bobot efisiensi, efektifitas dan produktivitas organisasi dalam konteks pengembangan kerja dan kinerja organisasi yang bertumpu pada keterpaduan dan hubungan interaksi antara organisasi, dan masyarakat umum yang mengacu pada manajemen harmoni sosial yang sinerjik dan bermartabat.
Dalam dimensi internal diharapkan melalui program kerja Karang Taruna terbentuknya eksistensi Karang Taruna Kel. Tasikmalaya sebagai kader yang handal dan berkualitas dan terwujudnya organisasi yang mandiri, mengakar dan berkualitas.
Dari sisi eksternal, sasarang program kerja Karang Taruna Kel. Tasikmalaya berorientasi pada terwujudnya tatanan masyarakat yang sejahtera, yang terefleksikan melalui partisipasi dan peran aktif elemen Karang Taruna Kel. Tasikmalaya dalam segala bidang.

1.       Arah Program

Karang Taruna Kel. Tasikmalaya sebagai mitra pemerintah juga sebagai asset pembangunan daerah dan institusi kaderisasi yang memiliki kewajiban untuk mewujudkan potensi menjadi kongrit.  Program-program yang direncanakan merupakan program-program yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan kualitas organisasi
Kebijaksanaan yang di tempuh untuk mencapai tujuan program kerja Karang Taruna adalah sebagai berikut :
meningkatkan amal dan prestasi Karang Taruna Kel. Tasikmalaya baik secara kuantatif maupun kualitatif dalam mengemban misi kesejahteraan masyarakat
meningkatkan kemampuan sumber daya manusia untuk dapat berprestasi dan produktif memecahkan masaalah yang dihadapinya secara bermutu sesuai dengan bidang, minat dan tanggung jawab masing-masing;
meningkatkan kemampuan kelembagaan organisasi Karang taruna baik secara mandiri maupun bekerjasama dan kemanusiaan
meningkatkan ikhtiap menuju terbangunnya jati diri dan kepribadian manusia sebagai umat pilihan dalam arti menjujung tinggi dan senantiasa berusaha menerapkan 5 (lima) nilai teruji dalam kehidupan bermasyarakat yaitu :
berlaku jujur, benar, bersungguh-sungguh dan terbuka
dapat dipercaya setia dan tepat janji
bersikap dan berlaku adil, melaksanakan kewajiban dan memberikan hak secara proporsional
tolong menolong, setia kawan, gotong royong dalam kebaikan
berkesinambungan dan berkelanjutan.

2.       Strategi Program

Strategi implemantasi program dilakukan melalui upaya pendorong bagi elemen Pengurus Karang Taruna Kel. Tasikmalaya agar tumbuh kesadaran, kemauan, kerelaan dalam kemampuan meningkatkan prestasi kerja dan kinerja Karang Taruna.  Sehingga wilayah kerja Karang Taruna menjadi gerakan yang mampu melahirkan gagasan, konsepsi, aksi dan refleksi sebagai wujud peduli akan peningkatan kesejateraan masyarakat dengan di barengi penciptaan manusia yang berkualitas, berdasarkan pemikiran seperti terurai di atas,  maka Karang Taruna Kel. Tasikmalaya menempuh upaya dan langkah-langkah sebagai berikut :
Menumbuhkan partisipasi setiap pengurus dalam melaksanakan kerja sejak awal, mulai dari persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian (evaluasi) yang didukung oleh semangat keswadayaan.
Memberikan peran secara maksimal kepada setiap pengurus Karang Taruna Kel. Tasikmalaya agar mau dan bersedia melaksanakan program-program kerja.
Terbentuknya model-model gerakan percontohan yang disertai petunjuk pelaksanaan dalam rangka mendorong dan merangsang setiap pengurus untuk terus berpartisipasi dalam setiap kegiatan-kegiantan Karang Taruna
Melaksanakan penelitian dan pengkajian berbagai aspek kehidupan khususnya dalam bidang kesejahteraan masyarakat.
Mengupayakan adanya koordinasinya, kerjasama, konsultasi baik antara sesame pengurus, pemerintah, maupun dengan sesame organisasi kepemudaan lainnya, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, lembaga-lembaga ilmiah serta organisasi profesi lainnya.

3.       Asas Program  :

Dalam rangka melaksanakan program kerja, asas-asas yang digunakan dalam pelaksanaan program adalah sbb :
Asas Kebersamaan
Pelaksanaan program di lakukan dengan semangat kebersamaan dan saling menghargai, sehingga keberhasilan program merupakan keberhasilan kolektif, bukan keberhasilan individual.
Asas Mamfaat
Pelaksanaan program dan hasilnya diupayakan secara maksimal untuk dapat memberikan mamfaat bagi organisasi dan masyarakat.
Asas Kesinambungan
Asas ini di maksudkan agar pembenahan dan pengembangan merupakan usaha yang mempunyai sifat meneruskan hal-hal yang baik yang pernah di lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"

Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan

Assalamu'alaikum Wr.Wb Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan Nama yang Anda cari yaitu  Alif Al Faeyza Sufyan  memiliki banyak arti dari ...