A.
PEMBUATAN MEDIA GRAFIS
1. FLIP CHART
Flipchart
adalah lembaran-lembaran kertas yang menyerupai kalender atau album yang
berukuran 50×70 cm, atau ukuran kecil 21×28 cm sebagai flipboo yang disusun
dengan urutan dan diikat pada bagian atasnya.Flipchart hanya cocok untuk
pembelajaran kelompok kecil yaitu 30 orang, sedangkan fli[book untuk 4-5 orang.
Penyajian informasi dalam flipchart dapat beupa gambar, huruf, diagram dan
angka.
a)
Kelebihan flipchart :
·
Mampu menyajikan pesan pembelajaran secara ringkas dan
praktis
·
Dapat digunakan didalam atau diluar ruangan
·
Bahan pembuatan relatif murah
·
Mudah dibawa kemana-mana
·
Meningkatan aktivitas belajar siswa
b)
Cara mendesain flipchart :
·
Tentukan tujuan pembelajaran
·
Tentukan bentuk flipchart
·
Membuat ringkasan materi
·
Merancang draf kasar
·
Memilih warna yang sesuai
·
Menentukan bentuk dan ukuran huruf yang sesuai
c)
Cara Menggunakan flipchart :
·
Mempersiapkan diri
·
Penempatan yang tepat
·
Pengaturan siswa
·
Perkenalkan Pokok Materi
·
Sajikan Gambar
·
Beri kesempatan siswa untuk bertanya
·
Memberikan kesimpulan
2. FLASH CARD
Flashcard
adalah media pembelajarn dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 25×30 cm.
a)
Kelebihan flashcard :
·
Mudah dibawa-bawa
·
Praktis
·
Gampang diingat
·
Menyenangkan
b)
Cara pembuatan flash card :
·
Siapkan kertas tebal
·
Tandai kertas sehingga kertas berukuran 25×30 cm
·
Potong kertas
·
Tempelkan atau buat objek dikertas tersebut
·
Beri tulisan
c)
Persiapan penggunaan :
·
Mempersiapkan diri
·
Mempersiapan flashcard
·
Mempersiapkan tempat
·
Mempersiapkan siswa
d)
Cara penggunaan :
·
Kartu yang telah disusun pegang setinggi dada dan
dihadapkan ke siswa
·
Cabut satu persatu kartu selesai guru menerangkan
·
Berikan kartu yang telah diterangkan kepada siswa
3. FLANEL GRAF
Flanelgraf
adalah media pembelajaran berupa guntungan-guntingan gambar atau tulisan yang
pada bagian belakangnya dilampisi ampelas.
a)
Kelebihan Flanelgraf :
·
Gambar yang dipindah-pindahkan dapat menarik perhatian
siswa
·
Gambar dapat ditambah dan juga dikurangi jumlahnya
·
Pembelajaran dapat diatur sesuai dengan kebutuhan yaitu
kelompok atau invidial
b)
Cara Pembuatan :
Siapkan papan
yang berfungsi untuk menempelkan gambar-gambar, papan terbuat dari kayu yang
dilapisi kar[et dengan ukuran 50×75 cm
dan siapkan gambar yang akan ditempel pada papan.
c)
Persipan penggunaan :
·
Persiapkan diri
·
Sipakan peralatan
·
Siapka siswa
d)
Cara menggunakan :
·
Mulailah dengan bercerita terlebih dahulu lalu mulai
masuk pada pembelajaran pokok, guru berdiri disamping papan flanel.
·
Libatkan siswa dalam penyajian, mintalah seorang siswa
untuk tampil ke depan untuk mengulangi penyajian lalu lanjutkan dengan diskusi
·
Menilai alat dan penyajian : apakah gambar-gambar sudah
jelas, apakah penyajiannya tampak menarik, apakah dapat dipahami isi pesan
dengan penyajian.
4. BULLETIN BOARD
Bulletinboard
adalah papan yang khusus digunakan untuk mempertunjukkan contoh-contoh
pekerjaan siswa, gambar, bagan, poster, dan objek yang berbentuk tiga dimensi.
Pada umumnya bulletin board berukuran 160×80 cm.
a)
Kelebihan bulletinboard :
·
Tempat memajang hasil karya siswa seperti gambar, poster,
benda dll sehingga akan mnciptakan minat belajar, dan minat berkarya pada diri
siswa
·
Dapat mempersatukan semangat kelas dengan membangkitkan
rasa memiliki bersama dan tanggung jawab bersama
·
Mendorong siswa untuk berkarya dan menciptaka produk
·
Sarana kompetisi antar kelas dalam satu sekolah.
b)
Cara pembuatan :
·
Bulletin board hampir sama dengan papan blackboard atau
whiteboar,baik bentuk atau ukurannya, yang membedakannya adalan bahan permukaan
atasnya
·
Untuklebih menarik perlu dicat warna-warni dan dibagian
pinggirnya diberi bingkai supaya kelihatan rapi
·
Kumpulkanlah bahan-bahan seperti gambar, gambar kartun,
objek, buku, poster dll
·
Tempelkan bulletinboard sesuai dengan fungsinya, jelas
terlihat dari berbagai arah
5. PEMBUATAN MEDIA PRESENTASI
Dasar presentasi dengan power point 2003
Microsoft
PowerPoint 2003 merupakan aplikasi presentasi yang populer dan yang paling
banyak digunakan saat ini untuk berbagai kepentingan presentasi, baik
pembelajaran, presentasi produk, meeting, seminar, lokakarya dsb.
a)
Prosedur pengembangan
Prosedur pembuatan presentasi diawali dengan :
Identifikasi program, hal ini dimaksudkan untuk melihat
kesesuaian antara program yang dibuat dengan materi, sasaran (siswa) terutama
latar belakang kemampuan, usia juga jenjang pendidikan. Perlu juga
mengidentifikasi ketersediaan sember pendukung seperti gambar, animasi, video
dll.
Mengumpulkan
bahan pendukung sesuai dengan kebutuhan materi dan sasaran seperti video,
gambar, animasi, suara. Pengumpulan bahan tersebut dapat dilakukan dengan cara
mencari melaluiinternet, menggunakan yang sudah ada didirektori, jika
diperlukan memproduksi sendiri bahan-bahan yang diperlukan misalnya kebutuhan
video dengan shooting, rekaman audio untuk kebutuhan gambar seperti scanning
video image. Bersamaan dengan itu dilakukan juga penyusunan materi yang diambil
dari bahan utama, misalnya buku, modul, makalah lengkap.Materi untuk powerpoint
sebaiknya dikemas menjadi uraian pendek, pokok-pokok bahasn atau
pointer-pointer.
Setlah bahan
terkumpul dan materi sudah dirangkum, selanjutnya prosoes pengerjaan di
powerpoint hingga selesai.Selanjutnya mengubah hasil akhir presentasi apakah
dalam bentuk slide show, web pages atau exe.
Setelah program
selesai dibuat sebaiknya dilakukan review program dari sisi bahasa, teks,
tataletak, dan kebenaran konsep, selanjutnya direvisi dan digunakan
b)
Tips desain presentasi dengan power point
Keberhasilan
presentasu dipengaruhi oleh desain media presentasi yang ditampilkan, terkadang
desain yang kelihatannya rame belum tentu menarik minat peserta, membuat pesan
menjadi jelas bahkan terkadang menjadi tidak karuan. Terkadang desai yang
simple justru lebih komunikatif. Berikut beberapa tips desain:
Salah satu dari
karakteristik pokok dari program powerpoint ini adalah bersifat meltimedia,
maka sayang apabila kita sebagaik pembuat program sekaligus sebagai penyaji
tidak memanfaatkan potensi
Buatlah
background atau temp;lete sendiri pada presentasi anda dengan menampilkan aksen
objek sesuai dengan tema presentasi. Hal ini dimaksudkan untuk menambah daya
tarik presentasi sekaligus memperjelas pesan pembelajaran
Jika
menggunakan latar dengan warna yang terang, maka gunakan teks dengan intensitas
gelap.dan sebaliknya.
Gunakan warna
untuk memperindah tampilan sekaligus memberi fokus pada penyajian
Gunakan
huruf-huruf yang memiliki karakter yang jelas dan tegas, hindari karakter atau
jenis font dekoratif, jika pesannya banyak dan dalam jarak yang agak jauh
menjadi tidak terbaca
Sajian
informasi (pesan pembelajaran) yang disajikan dalam powerpoint bukan kata-kata
bentuk uraian dengan kalimat yang panjang dan bukan buku teks, namun gunakanlah
kalimat yang singkat padat dan bersifat garis besar atau pokok pikiran utama
Pesam akan lebih komunikatif apabila lebih banyak
menyajikan gambar yang relevan dab grafik serta struktur materi yang dibuat
menggunakan bagan dengan alur yang je;as, sehingga memudahkan untuk mencerna
materi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"