Senin, 14 Mei 2012

Tekhnik Pemilihan Media


1.      Alasan Teoretis Pemilihan Media
Alasan pokok media dalam pembelajaran, kerena didasatri atas konsep pembelajaran sebagai suatu system yang didalamnya terdapat suatu totalitas yang terdiri atas sejumlah komponen yang saling berkaitan untuk mncapai tujuan.

2.      Alasan Praktis Pemilihan Media antara lain dijelaskan ole arip sudirman.
a.       Demonstrasion
Dalam hal ini media dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep alat, objek, kegunaan, cara pengoprasian dll

b.      Familiarity
Penggunaan media pembelajaran memiliki alas an pribadi mengapa ia menggunakan media yaitu karena sudah terbiasa menggunakan media tersebut meras sudah menguasai media tersebut, jika menggunakan media lain belum tentu busa dan untuk mempelajarinya membutuhkann waktu, tenaga, dan biaya sehingga terus-menerus ia mrnggunakan media yang sama.

c.       Clarity
Alas an ketiga ini mengapa guru menggunakan media adalah untuk lebih memperjelas pesan pembelajarn dan memberikan penjelasan yang lebih kongkrit.

d.      Active learning
Media dapat berbuat leih dari yang bisa dilakukan oleh guru.

A.    KRITERIA PEMILIHAN MEDIA

1.      Kriteria Umum Pemilihan Media
Secara singkat dapat dikatakn bawa dasar pertimbangan pemilihan media adalah dapat terpenuhinya kebutuhan dan tercapainya tujuan pembelajaran, jika tidak sesuai dengan kebutuhan dan tujuan meka media tersebut tidak digunakan.

2.      kriteria khusus pemilihan media
Ericson (1993) memberikan saran dalam memberikan kriteria pemilihan media dlam bentuk ceklis sebagai berikut :

No.
Pertanyaan
ket
1
Apakah materiny penting dan berguna bagi siswa ?

2
Apakah dapat menarik munat siswa untuk belajar ?

3
Apakah ada kaitannya dan mengana secara langsung dengan tujuan pembelajaran ?

4
Bagaimana format ujiannya diatur ? apakah memenuhi tata urutan yang teratur ?

5
Bagaimana dengan materinya ? mutahir dan authentic ?

6
Apakah isi dan presentasinya memnuhi standar ?

7
Apakah konsep dan keceramatnannya terjamnin secara jelas ?

8
Apakah penyajiannya objektif ?

9
Apakah bahannya memenuhi standar teknis ?

10
Apakah bahan tersebut sudah melalui pemantapan uji coba atau validasi ?


Table di ata menunjukan cara dalam pemilih meia drngan memperhatikan aspek-aspek yang dipertanyakan diatas dalam kata lain medianya sudah tersedia dan kita tinggal melakukan dengan cermat.

B.     PROSEDUR PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN

1.      Format pemilihan media
Prosedur dalam pemilihan media secara umum terbagi dalam dua format, arif sadirman (1996:87) mengemukakan 2 format tersebut, yaitu flowchart matrik dan ceklist. Format flowchart menggunakan system penggunaan penguguran atau eliminasi dalam pengambilan keputusan pemilihan, jika salah satu beropsi tidak maka gugur dan berpindah pada langkah selanjutnya. Format matrik menangguhkan proses keputusan pemilihan sampai semua kriterianya dipertimbangkan.

2.      Format Flowchart
Format Flowchart yaitu pemilihan media dengan mengikuti alur atau flow dengan system penguguran sampai pada keputusan akhir membeli atau tidak media tersebut.

3.      Format matriks
Yaitu dibentuk kolom yang mengaitkan dan mencocokan satu variable media dengan variable lainnya.

4.      Format ceklist
Format evaluasi terhadap media dapat mengguakan ceklis, sesuai dengan istilah eklis maka kita tinggal memberikan penilaian dengan member tanda dan member nilai pada rentang penlaian media.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"

Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan

Assalamu'alaikum Wr.Wb Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan Nama yang Anda cari yaitu  Alif Al Faeyza Sufyan  memiliki banyak arti dari ...