1.
Alasan Teoretis Pemilihan Media
Alasan pokok media dalam pembelajaran, kerena didasatri atas konsep
pembelajaran sebagai suatu system yang didalamnya terdapat suatu totalitas yang
terdiri atas sejumlah komponen yang saling berkaitan untuk mncapai tujuan.
2.
Alasan Praktis Pemilihan Media antara lain dijelaskan ole arip
sudirman.
a.
Demonstrasion
Dalam hal ini media dapat digunakan sebagai alat untuk
mendemonstrasikan sebuah konsep alat, objek, kegunaan, cara pengoprasian dll
b.
Familiarity
Penggunaan media pembelajaran memiliki alas an pribadi mengapa ia
menggunakan media yaitu karena sudah terbiasa menggunakan media tersebut meras
sudah menguasai media tersebut, jika menggunakan media lain belum tentu busa
dan untuk mempelajarinya membutuhkann waktu, tenaga, dan biaya sehingga
terus-menerus ia mrnggunakan media yang sama.
c.
Clarity
Alas an ketiga ini mengapa guru menggunakan media adalah untuk
lebih memperjelas pesan pembelajarn dan memberikan penjelasan yang lebih
kongkrit.
d.
Active learning
Media dapat berbuat leih dari yang bisa dilakukan oleh guru.
A.
KRITERIA PEMILIHAN MEDIA
1.
Kriteria Umum Pemilihan Media
Secara singkat dapat dikatakn bawa dasar pertimbangan pemilihan
media adalah dapat terpenuhinya kebutuhan dan tercapainya tujuan pembelajaran,
jika tidak sesuai dengan kebutuhan dan tujuan meka media tersebut tidak
digunakan.
2.
kriteria khusus pemilihan media
Ericson (1993) memberikan saran dalam memberikan kriteria pemilihan
media dlam bentuk ceklis sebagai berikut :
No.
|
Pertanyaan
|
ket
|
1
|
Apakah
materiny penting dan berguna bagi siswa ?
|
|
2
|
Apakah
dapat menarik munat siswa untuk belajar ?
|
|
3
|
Apakah
ada kaitannya dan mengana secara langsung dengan tujuan pembelajaran ?
|
|
4
|
Bagaimana
format ujiannya diatur ? apakah memenuhi tata urutan yang teratur ?
|
|
5
|
Bagaimana
dengan materinya ? mutahir dan authentic ?
|
|
6
|
Apakah
isi dan presentasinya memnuhi standar ?
|
|
7
|
Apakah
konsep dan keceramatnannya terjamnin secara jelas ?
|
|
8
|
Apakah
penyajiannya objektif ?
|
|
9
|
Apakah
bahannya memenuhi standar teknis ?
|
|
10
|
Apakah
bahan tersebut sudah melalui pemantapan uji coba atau validasi ?
|
|
Table di ata menunjukan cara dalam pemilih meia drngan
memperhatikan aspek-aspek yang dipertanyakan diatas dalam kata lain medianya
sudah tersedia dan kita tinggal melakukan dengan cermat.
B.
PROSEDUR PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Format pemilihan media
Prosedur dalam pemilihan media secara umum terbagi dalam dua
format, arif sadirman (1996:87) mengemukakan 2 format tersebut, yaitu flowchart
matrik dan ceklist. Format flowchart menggunakan system penggunaan
penguguran atau eliminasi dalam pengambilan keputusan pemilihan, jika salah
satu beropsi tidak maka gugur dan berpindah pada langkah selanjutnya. Format
matrik menangguhkan proses keputusan pemilihan sampai semua kriterianya
dipertimbangkan.
2.
Format Flowchart
Format Flowchart yaitu pemilihan
media dengan mengikuti alur atau flow dengan system penguguran sampai
pada keputusan akhir membeli atau tidak media tersebut.
3.
Format matriks
Yaitu dibentuk kolom yang mengaitkan
dan mencocokan satu variable media dengan variable lainnya.
4.
Format ceklist
Format evaluasi terhadap media dapat mengguakan ceklis, sesuai
dengan istilah eklis maka kita tinggal memberikan penilaian dengan member tanda
dan member nilai pada rentang penlaian media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"