Kamis, 16 Agustus 2012

Ilmu Pengetahuan Alam

Assalamu'alaikum Wr.Wb
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester    : V/II
Alokasi Waktu      : 1 x  20 Menit
Materi Pokok        : Gaya
Metode                  : Ceramah dan Praktek

A.    Standar Kompetensi
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak dan energy serta fungsinya
            B. Kompetensi Dasar
                        5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energy melalui percobaan ( gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet )
            C. Tujuan Pembelajaran
·         Peserta didik dapat memahami konsep tentang gaya
·         Peserta didik mampu melakukan percobaan membuat benda bergerak dengan berbagai cara
·         Peserta didik mengelompokkan macam-macam gaya
Karakter peserta didik yang diharapkan : Disiplin ( discipline ), Rasa hormat dan Perhatian (respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (responsibility ), dan ketelitian ( carefulness ).
D. Materi Essensial
            Gaya
Gaya adalah tarikan atau dorongan. Besar gaya dapat dapat diukur dengan alat yang disebut dynamometer. Satuan gaya dinyatakan dalam Newton (N). Gaya dapat mempengaruhi gerak dan bentuk benda.
A.    Media Belajar
·         Buku SAINS SD Relevan kelas V
·         Magnet, plastisin, kaleng, bola,paku payung, dan benda-benda dalam kelas.
B.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Peserta didik
·         Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
Ø  Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dan kompetensi yang diharapkan.
Ø  Mengatur tempat duduk sesuai metode yang digunakan
Ø  Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran
Ø  Apersepsi
·         Kegiatan inti
a.       Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
ü  Peserta didik mampu memahami pengertian gaya dan macam-macamnya.
ü   Peserta didik menyimak langkah-langkah melakukan percobaan membuat benda bergerak dengan berbagai cara.
ü  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, dan
ü  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di dalam kelas.
b.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
ü  Peserta didik melakukan percobaan membuat benda bergerak dengan berbagai cara
ü  Member kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
ü  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
ü  Melakukan kegiatan percobaan
c.       Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
ü  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik
ü  Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
ü  Guru memberikan penilaian terhadap percobaan membuat benda bergerak dengan berbagai cara
·         Penutup
Ø  Menyimpulkan materi pelajaran yang telah disampaikan
Ø  Memberikan penilaian / refleksi secara konsisten dan terprogram
Ø  Memberikan umpan balik
Ø  Mengadakan tindak lanjut, pengayaan, remedialdan PR
C.     Penilaian
Bentuk tes       : tulisan, perbuatan, unjuk kerja
Jenis tes           : pilihan ganda, uraian singkat
Instrumen        : kumpulan soal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"

Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan

Assalamu'alaikum Wr.Wb Arti Nama Bayi Alif Al Faeyza Sufyan Nama yang Anda cari yaitu  Alif Al Faeyza Sufyan  memiliki banyak arti dari ...