RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : V/II
Alokasi
Waktu : 1 x 20 Menit
Materi
Pokok : Gaya
Metode : Ceramah dan Praktek
A. Standar
Kompetensi
5.
Memahami hubungan antara gaya, gerak dan energy serta fungsinya
B. Kompetensi Dasar
5.1 Mendeskripsikan
hubungan antara gaya, gerak dan energy melalui percobaan ( gaya gravitasi, gaya
gesek, gaya magnet )
C. Tujuan Pembelajaran
·
Peserta didik
dapat memahami konsep tentang gaya
·
Peserta didik
mampu melakukan percobaan membuat benda bergerak dengan berbagai cara
·
Peserta didik
mengelompokkan macam-macam gaya
Karakter peserta didik yang
diharapkan : Disiplin ( discipline ), Rasa hormat dan Perhatian (respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (responsibility ), dan ketelitian (
carefulness ).
D. Materi Essensial
Gaya
Gaya adalah tarikan atau dorongan.
Besar gaya dapat dapat diukur dengan alat yang disebut dynamometer. Satuan gaya
dinyatakan dalam Newton (N). Gaya dapat mempengaruhi gerak dan bentuk benda.
A. Media
Belajar
·
Buku SAINS SD
Relevan kelas V
·
Magnet,
plastisin, kaleng, bola,paku payung, dan benda-benda dalam kelas.
B. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Peserta didik
·
Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
Ø Menyampaikan
indikator pencapaian kompetensi dan kompetensi yang diharapkan.
Ø Mengatur
tempat duduk sesuai metode yang digunakan
Ø Mengkomunikasikan
tujuan pembelajaran
Ø Apersepsi
·
Kegiatan inti
a. Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru :
ü Peserta
didik mampu memahami pengertian gaya dan macam-macamnya.
ü Peserta didik menyimak langkah-langkah
melakukan percobaan membuat benda bergerak dengan berbagai cara.
ü Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, dan
ü Memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di dalam kelas.
b. Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru :
ü Peserta
didik melakukan percobaan membuat benda bergerak dengan berbagai cara
ü Member
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut
ü Memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok
ü Melakukan
kegiatan percobaan
c. Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru :
ü Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik
ü Guru
bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
ü Guru
memberikan penilaian terhadap percobaan membuat benda bergerak dengan berbagai
cara
·
Penutup
Ø Menyimpulkan
materi pelajaran yang telah disampaikan
Ø Memberikan
penilaian / refleksi secara konsisten dan terprogram
Ø Memberikan
umpan balik
Ø Mengadakan
tindak lanjut, pengayaan, remedialdan PR
C. Penilaian
Bentuk tes : tulisan, perbuatan, unjuk kerja
Jenis tes : pilihan ganda, uraian singkat
Instrumen : kumpulan soal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"