RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD : SDN Sedalewih
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS)
Tema : Kegiatan
Kelas
/ Semester : III / 2
Standar Kompetensi : 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan
uang
Kompetensi Dasar : 2. 5 Mengenal pengunaan uang sesuai dengan kebutuhan
Indikator :
2.5.1 Mengidentifikasi cara pengunaan
uang sesuai kebutuhan
2.5.2 Menjelaskan cara menghemat uang
dalam kehidupan sehari-hari
2.5.3 Menyebutkan tempat-tempat dan cara
menyimpan uang yang aman
2.5.4 Mengetahui cara dan manfaat
menabung
2.5.5 Mengidentifikasi cara pengiriman
uang
Alokasi Waktu : 1 x 25 menit
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
o
Mengidentifikasi cara penggunaan uang
sesuai dengan kebutuhan
o
Menggunakan uang secara hemat dalam
kehidupan sehari-hari
o
Menyebutkan tempat-tempat dan cara
menyimpan uang yang aman
o
Mengetahui cara dan manfaat menabung
o
Menceritakan cara pengiriman uang
B. Materi
Pembelajaran
Penggunaan uang
C. Metode
1. Ceramah
bervariasi
2. Tanya
jawab
3. Diskusi
4. Tugas
5. Inquiri
D. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Guru mengucapkan salam dilanjutkan
dengan absensi
b.
Tanya jawab apersepsi
2. Kegiatan
inti
a.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
b.
Guru menjelaskan materi
c.
Guru meminta siswa untuk mempraktekkan
cara menabung di bank
d.
Guru mempraktekkan dengan siswa cara
melakukan pengiriman uang
3. Penutup
a. Memberi
penguatan kepada siswa tentang materi yang telah disampaikan
b.
Melaksanakan penilaian post test
c. Refleksi
(misalnya : anak-anak apa kesan kalian dalam mengikuti kegiatan ini)
E. Sumber
dan Media Pembelajaran
1.
Buku IPS kelas III, halaman 159 –
170
2.
Gambar jenis bank dan kantor pos
F. Penilaian
1. Teknik
Penilaian :
Tes tertulis
2.
Bentuk instrumen :
Tes uraian
3. Soal/
Instrumen
a.
Apakah yang kamu lakukan untuk menghemat
uang ?
b.
Bagaimanakah proses pengiriman uang
melalui kantor pos ?
c.
Apakah manfaat kita menabung di bank ?
Kepala SD/MI
...................................
..............................................
NIP ......................................
|
Mengetahui,
|
.......................................,
2008
Guru
Kelas
..............................................
NIP
......................................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SD / MI
Sub
pokok :
1. Uang
2. Penggunaan Uang Sesuai
Kebutuhan
Kelas/Semester :
3 / 2
Alokasi
Waktu :
4 × 35 Menit
Pertemuan :
I / Minggu I
Ilmu pengetahuan Sosial
I. Standar Kompetensi
2. Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
II. Kompetensi Dasar
2.4. Mengenal
sejarah uang
2.5. Mengenal penggunaan uang
sesuai dengan kebutuhan
III. Indikator
a. Kognitif
Produk
:
· Mennyebutkan alat yang digunakan untuk
berbelanja
· Menjelaskan sejarah uang
· Menjelaskan fungsi uang
· Menyebutkan jenis-jenis uang
· Menjelaskan cara penggunaan uang sesuai
kebutuhan
· Menjelaskan cara dan manfaat
menabung
· Menjelaskan cara pengiriman uang
Proses :
· Guru memberikan pertanyaan langsung yang
diberikan kepada siswa tentang alat-alat apa yang digunakan dalam berbelanja
· Guru menjelaskan sejarah uang
· Guru menjelaskan fungsi uang
· Dengan kegiatan penugasan, siswa menyebutkan
jenis-jenis uang
· Kegiatan diskusi kelompok, siswa menjelaskan
cara penggunaan uang sesuai kebutuhan
· Kegiatan diskusi kelompok, siswa menjelaskan
cara dan manfaat menabung
· Kegiatan diskusi kelompok, siswa menjelaskan cara
pengiriman uang
b. Afektif (Keterampilan Sosial)
· Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi :
keberanian dan percaya diri.
· Mengembangkan keterampilan social, meliputi :
bertanya, menjadi pendengar yang baik, berlatih berkomunikasi verbal
c..Psikomotor :
siswa dapat menggunaan uang dengan benar yang sesuai dengan kebutuhan
IV. Tujuan Pembelajaran
A. Kognitif
Produk
:
· Siswa dapat menyebutkan alat yang digunakan
untuk berbelanja
· Siswa dapat menjelaskan sejarah uang
· menjelaskan fungsi uang
· Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis uang
· Siswa dapat menjelaskan cara penggunaan uang
sesuai kebutuhan
· Siswa dapat menjelaskan cara
dan manfaat menabung
· Siswa dapat menjelaskan cara pengiriman uang
Proses :
· Melalui pertanyaan yang diberikan kepada
siswa, siswa dapat menyebutkan alat yang digunakan dalam jual beli
· Melalui penjelasan guru, siswa dapat
menjelaskan sejarah uang
· Melalui penjelasan guru, siswa dapat
menjelaskan fungsi uang
· Melalui penugasan oleh guru, siswa dapat
menyebutkan jenis-jenis uang
· Melalui kegiatan diskusi kelompok, siswa dapat
menjelaskan cara penggunaan uang sesuai kebutuhan
· Melalui kegiatan diskusi kelompok, siswa dapat
menjelaskan cara dan manfaat menabung
· Melalui kegiatan diskusi kelompok, siswa dapat
menjelaskan cara pengiriman uang
B. Afektif (Keterampilan Sosial)
· Melalui penjelasan guru,
siswa mengembangkan perilaku
berkarakter,meliputi: keberanian, percaya diri.
· Melalui diskusi siswa mengembangkan
keterampilan sosial, meliputi : bertanya, menjadi pendengar yang baik, berlatih
berkomunukasi verbal.
C. psikomotor
· Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi :
keberanian dan percaya diri.
· Mengembangkan keterampilan social, meliputi :
bertanya, menjadi pendengar yang baik, berlatih berkomunikasi verbal.
V.Materi
Pelajaran : 1. Uang
2. Penggunaan Uang Sesuai dengan
Kebutuhan
VI. Strategi Pembelajaran
· Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan
Keterampilan Proses
· Metode
1. Tanya jawab
2. Ceramah
3. Diskusi
4. Penugasan
VII. Media Pembelajaran
1. Buku IPS Kelas III SD
2. Lembar kerja siswa
VIII. Pengorganisasian Kelas
1. Individu
2. Kelompok kelas
3. Kelompok kecil (4-5 siswa)
IX. Kegiatan pembelajaran
1. Pertemuan 1 ( 2 jam pelajaran)
Aktivitas Belajar
( Pertanyaan guru/respon siswa yang diharapkan )
|
Peran/Bimbingan Guru
|
Fokus Penilaian
Proses
|
1. Pendahuluan
Apakah anak – anak
mampu menyebutkan alat yang digunakan untuk belanja ?
|
Mengecek pemahaman
siswa sebelum masuk pada materi pelajaran
yang akan diajarkan.
|
Apakah anak mampu
meyebutkan alat yang digunakan untuk berbelanja?
|
2. Pengajuan Masalah
(Individu /
Kelompok)
- Jelaskan sejarah uang!
- Jelaskan fungsi uang yang kamu ketahui!
- Sebutkan jenis-jenis uang yang yang beredar
di Indonesia!
|
Dengan penjelasan
guru , siswa dibiarkan berpikir tentang masalah yang diberikan.
Dengan arahan dan
penjelasan guru
berikan kesempatan
anak untuk berpikir tentang fungsi uang.
Arahkan anak untuk
berpikir dan mengingat jenis-jenis uang yang pernah mereka gunakan dalam
berbelanja.
|
Apakah anak bisa
menjelaskan sejarah uang?
Apakah anak
mengetahui fungsi dari uang?
Apakah anak dapat
menyebutkan jenis-jenis uang yang beredar di Indonesia?
|
3. Penutup
Mereviu dan
menggarisbawahi hal-hal penting yang telah dipelajari
|
Membantu merumuskan
kesimpulan dari hasil belajar.
Memberikan tugas
atau PR dari buku paket siswa.
|
|
2. Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
4. Diskusi Kelas
- Jelaskan cara penggunaan uang
sesuai dengan kebutuhan!
- Jelaskan cara menabung yang dapat kamu
lakukan di rumah, sekolah maupun di Bank!
- Sebutkan manfaat dari menabung!
- Jelaskan cara pengiriman uang!
|
Membantu merumuskan
kesimpulan dari hasil kegiatan belajar.
Memberikan tugas
atau PR dari buku paket siswa.
Arahkan anak untuk
melakukan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
|
Apakah anak bisa
mengkomunikasikan cara berpikirnya dengan baik?
Apakah anak mampu
memaparkan hasil kegiatan yang telah dilakukan?
|
5. Penutup
Mereviu dan menggarisbawahi
hal-hal penting yang telah dipelajari
|
Membantu merumuskan
kesimpulan dari hasil belajar.
Memberikan tugas
atau PR dari buku paket siswa.
|
|
X. Alat dan Sumber Belajar
· KTSP 2006/Kurikulum
· Standar Isi Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar
· Nama :
Ahmad Zuber dan Lukman Hakim
· Tahun :
2009
· Judul :
Aktif Belajar IPS untuk Kelas III SD dan MI
· Penerbit :
Platinum
XI. Evaluasi
· Penilaian
Proses :
Pengamatan langsung, Tanya jawab, dan kinerja siswa
selama kegiatan Pembelajaran
(diskusi)
· Penilaian
hasil :
Lembar Penilaian (tes tulis)
· Penilaian
afektif :
Lembar kerja siswa ( IPS)
Tugas Individu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
IPS SD KELAS III
SITTI RAHMAH
A1B310010
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
"Kesalahan adalah pengalaman hidup, belajarlah darinya. Jangan mencoba tuk menjadi sempurna. Cobalah belajar bijaksana bagi sesama"